Asus resmi luncurkan Zenbook DUO, laptop berteknologi dua layar berbasis AI

Asus resmi luncurkan Zenbook DUO, laptop berteknologi dua layar berbasis AI

Techno.id - Asus resmi meluncurkan Zenbook DUO (UX8406) di Indonesia. Perangkat dual-screen OLED ini didesain khusus untuk memaksimalkan produktivitas melalui teknologi dua layar serta AI.

Asus Southeast Asia Regional Director Jimmy Lin dalam acara peluncuran yang digelar di Jakarta, Kamis (7/3) mengungkapkan, Asus Zenbook DUO yang dibekali dua layar OLED, ditenagai AI, serta dilengkapi fitur ekskluisif ini bakal merevolusi pengguna berinteraksi dengan laptop dan memaksimalkan produktivitas sehari-hari.

Dari sisi tampilan, laptop ini dibekali dua layar 14-inci beresolusi 3K 120Hz dan berteknologi Asus Lumina OLED yang telah tersertifikasi Dolby Vision, Pantone Validated, dan memiliki color gamut 100% DCI-P3 untuk memastikan reproduksi warna terbaik dan akurat.

Asus resmi luncurkan Zenbook DUO, laptop berteknologi dua layar berbasis AI foto: techno.id/yani andriyansyah

Layar tersebut juga telah mengantongi sertifikasi VESA DisplayHDR True Black 500 dan mendukung teknologi touchscreen sehingga dapat digunakan bersama dengan stylus ASUS Pen 2.0 yang dapat memberikan input secara presisi.

Ketika dibentangkan, ukuran layarnya setara dengan 19,8-inci sehingga pengguna memiliki ruang kerja yang lebih luas dibanding laptop standar.

Laptop ini juga didesain sangat fkleksibel, mudah, dan nyaman digunakan. Mulai dari port dan konektivitas yang sangat lengkap, lima mode penggunaan yang fleksibel, hingga desainnya yang tipis dan ringan.

Asus resmi luncurkan Zenbook DUO, laptop berteknologi dua layar berbasis AI foto: techno.id/yani andriyansyah

Meski memiliki dua layar, laptop ini tetap memiliki portabilitas yang nyaman karena hanya berbobot 1,35 kg dengan ketebalan hanya 14,6 mm. Selain itu, perangkat ini juga bukan laptop biasa karena dilengkapi penyangga khusus untuk menopang kedua layar serta desain keyboard dapat dilepas (detachable) sehingga mudah untuk digunakan, termasuk saat bepergian.

Semua itu tergabung dalam satu desain yang sangat ringkas dan berfokus pada pengguna, serta mudah untuk dibawa saat bepergian.

Performa gahar

Asus resmi luncurkan Zenbook DUO, laptop berteknologi dua layar berbasis AI foto: techno.id/yani andriyansyah

Performa laptop ini terbilang gahar karena dibekali dibekali prosesor bertenaga AI, Intel Core Ultra 7 155H terbaru. Prosesor ini juga dilengkapi Neural Processing Unit (NPU) yang hadir secara spesifik untuk memproses aplikasi yang menggunakan AI. Semua aplikasi dan fitur yang bekerja menggunakan AI dapat dijalankan secara lebih baik tanpa menguras daya secara berlebihan.

Selain itu, prosesor ini juga dibekali chip grafis Intel Arc yang mampu menghadirkan performa hingga dua kali lipat dibanding chip grafis terintegrasi di prosesor Intel generasi sebelumnya. Chip grafis Intel Arc juga sudah didukung berbagai teknologi grafis modern seperti real-time ray tracing, X Super Sampling, hingga DX 12 Ultimate dan Advanced Media Engine.

Di Zenbook DUO (UX8406), Intel Arc tidak hanya dapat mengakselerasi pemrosesan grafis, tetapi juga video encoding yang tentunya sangat penting untuk para konten kreator.

Laptop yang dibanderol seharga Rp33.999.000 ini memiliki lima mode penggunaan yakni Dual-Screen Mode, Desktop Mode, Laptop Mode, Laptop Mode with Virtual Keyboard, dan Sharing Mode.

(brl/red)