7 Langkah mudah buka akun TikTok Shop, lengkap beserta syaratnya

image

Techno.id - TikTok pada umumnya difungsikan sebagai sarana hiburan karena ada banyak video unik, menarik, bahkan viral yang terunggah setiap harinya. Platform TikTok bisa menjadi wadah untuk para konten kreator memberikan sajian video dengan durasi singkat. Tidak hanya para konten kreator, semua pengguna media sosial tersebut juga dapat melakukan editing video untuk diunggah ke akun pribadinya.

Selain menjadi platform hiburan bagi banyak orang, TikTok juga dapat difungsikan sebagai lahan subur memperoleh pundi-pundi keuntungan. Pihak developer TikTok telah mengembangkan aplikasinya agar dapat digunakan untuk jual-beli online. Oleh karena itu, para pelaku bisnis memanfaatkan hal tersebut untuk memperluas usahanya di aplikasi TikTok.

Selain para pelaku bisnis online, pemilik akun biasa pun bisa ikut berjualan. Bahkan terdapat fitur affiliate untuk para konten kreator. Selain itu, saat ini banyak perusahaan menyewa jasa para livestreamer untuk mempromosikan produk mereka. Tentu hal ini akan menjadi sarana untuk pengguna media TikTok memperoleh penghasilan.

Bagi kamu yang ingin membuka usaha online menggunakan TikTok tentu perlu melakukan pendaftaran akun terlebih dahulu. Walaupun caranya cukup mudah, namun ternyata masih banyak pengguna TikTok yang belum paham bagaimana cara buka akun TikTok Shop mereka. Oleh karena itu, techno.id akan memberikan 7 langkah mudah buka akun TikTok shop, pada Rabu (18/5).

Sebelum membuka sebuah toko online pada aplikasi TikTok, tentu kamu harus mengetahui syarat dan ketentuannya. Berikut syarat yang harus dipenuhi pemilik akun untuk mengaktifkan TikTok Shop:

1. Akun TikTok harus memiliki 10.000 follower atau pengikut.
2. Akun TikTok aktif mengunggah video 28 hari terakhir.
3. Akun TikTok memiliki minimal 50 video view dalam 28 hari terakhir.
4. Pemilik akun minimal berumur 18 tahun.

Setelah akun pengguna memenuhi persyaratan tersebut, maka bisa mengaktifkan TikTok Shop dengan langkah-langkah berikut ini:

1. Kunjungi situs TikTok Shop Seller. Kamu bisa masuk ke situs tersebut melalui peramban yang digunakan.
2. Lakukan registrasi. Kamu bisa login menggunakan akun TikTok yang dimiliki atau dapat mendaftarkan akun baru.

cara tiktok shop  berbagai sumber

foto: seller-id.tiktok.com

3. Masukan informasi toko yang akan dibuat. Isikan semua hal yang berkaitan dengan toko kamu pada kolom yang tersedia. Kemudian klik Start add products.

cara tiktok shop  berbagai sumber

foto: seller-id.tiktok.com

4. Silakan lakukan verifikasi dokumen. Kamu perlu melakukan verifikasi terlebih dahulu sebelum mengunggah produk. Lengkapi data-data yang dibutuhkan mengenai penjual. Pengguna juga harus upload foto KTP apabila ia mengarahkan bisnisnya secara perorangan.

cara tiktok shop  berbagai sumber

foto: seller-id.tiktok.com

5. Tambahkan produk ke akun TikTok Shop. Setelah akun TikTok Shop terverifikasi, pemilik sudah dapat mengunggah produk jualannya.

cara tiktok shop  berbagai sumber

foto: seller-id.tiktok.com

6. Isikan informasi lengkap mengenai produk, kategori produk, variasi produk, hingga ke bagian detail dari produk yang dijual.

7. Hubungkan ke rekening bank. Jangan sampai pengguna lupa untuk memberikan nomor rekening untuk bertransaksi. Caranya cukup klik opsi Link Bank Account kemudian masukan nomor rekening dan ikuti petunjuknya.

Itulah beberapa langkah yang harus dilakukan untuk para pengguna TikTok jika ingin membuka akun TikTok Shop. Kamu bisa mengembangkan bisnis di TikTok dengan berbagai cara. Salah satu cara cukup populer saat ini dengan bekerja sama dengan para influencer, dan aktif mempromosikan produk yang dijual.


(brl/guf)