Walau tak mudik, ini 7 aplikasi untuk dukung silaturahmi Lebaran

image

Techno.id - Selain identik dengan ibadah puasa, bulan Ramadhan juga memiliki berbagai budaya yang unik. Seperti di Indonesia contohnya, terdapat budaya mudik hingga silaturahmi saat Hari Raya Idul Fitri. Silaturahmi menjadi ajang untuk semua umat Islam saling bermaaf-maafan atas semua kesalahan baik sengaja maupun tidak, sehingga kembali pada kondisi yang fitri.

Silaturahmi dengan keluarga besar maupun tetangga sekitar menjadi hal yang turun-temurun dilakukan. Tujuan dari silaturahmi pada saat Hari Raya Idul Fitri tidak lain dan tidak bukan adalah untuk mempererat tali persaudaraan. Maka, tak jarang akan ada penuh momen sukacita pada saat Lebaran tiba.

Namun momen penuh keceriaan saat Lebaran terkadang memiliki kendala, terlebih saat ini dunia masih dilanda pandemi global. Hal ini membuat ada beberapa orang tak bisa bertemu dengan keluarga di kampung halaman. Tidak hanya itu, tuntutan pekerja atau bahkan biaya juga menjadi salah satu faktor orang tidak dapat bersilaturahmi.

Akan tetapi bagi kamu yang tidak dapat menjalin silaturahmi secara langsung, ada berbagai aplikasi yang memudahkan pengguna agar tetap terhubung dengan keluarga di rumah. Lalu apa saja aplikasinya? Kali ini techno.id mengulas tujuh aplikasi untuk dukung silaturahmi Lebaran saat kamu tak dapat mudik.

1. Zoom.

Aplikasi silaturahmi  berbagai sumber

foto: play.google.com

Tentu para pengguna gadget sudah tidak asing dengan aplikasi ini. Platform Zoom dapat digunakan untuk melakukan pertemuan tatap muka secara online. Menariknya, aplikasi ini mendukung hingga lebih dari 100 peserta saat pertemuan dilakukan. Oleh karena itu, platform ini dapat digunakan secara mudah untuk saling bersilaturahmi dengan keluarga besar tanpa batasan ruang dan waktu.

2. Google meet.

Aplikasi silaturahmi  berbagai sumber

foto: play.google.com

Google tidak kalah menghadirkan platform untuk melakukan pertemuan dengan banyak pengguna dalam satu waktu. Google Meet merupakan aplikasi bentukan Google yang cukup populer.

Aplikasi tersebut pada dasarnya dibuat untuk melakukan meeting bersama rekan kerja. Namun platform tersebut dapat dipakai untuk menjalin silaturahmi dengan keluarga besar secara mudah, walau tak dapat pulang ke kampung halaman.

3. WhatsApp.

Aplikasi silaturahmi berbagai sumber

foto: pixabay.com

Aplikasi sejuta umat ini memang sangat mendukung untuk ajang silaturahmi bersama keluarga. WhatsApp mempunyai fitur video call hingga lebih dari 2 peserta. Platform ini cukup mudah digunakan, bahkan semua orang memilikinya. Tentu bagi kamu yang tak dapat melakukan mudik lebaran tahun ini bisa memanfaatkan WhatsApp untuk tetap dapat menjalin silaturahmi dengan sanak keluarga.

4. Telegram.

Aplikasi silaturahmi  berbagai sumber

foto: play.google.com

Telegram merupakan platform alternatif untuk melakukan komunikasi jarak jauh secara langsung. Pada platform ini terdapat fitur untuk melakukan panggilan video. Bahkan kualitas dari video call Telegram cukup baik. Selain itu, Telegram juga mempunyai fasilitas grup dengan anggota ribuan sehingga kamu dapat membuat atau ikut ke dalam keluarga besar menggunakan platform Telegram.

5. Skype.

Aplikasi silaturahmi  berbagai sumber

foto: play.google.com

Bagi kamu yang tidak bisa mudik Lebaran karena masih di luar negeri, maka dapat menggunakan platform Skype. Aplikasi ini memudahkan kamu untuk melakukan silaturahmi secara online saat kamu tidak berada di tanah air.

Skype juga mendukung untuk melakukan panggilan dengan jumlah 25 peserta. Bahkan platform ini dapat digunakan untuk berbagai perangkat. Kualitas video dan audio yang ditimbulkan juga cukup bagus sehingga ajang silaturahmi online tetap nyaman.

6. Face Time.

Aplikasi silaturahmi  berbagai sumber

foto: support.apple.com

Bagi para pengguna produk Apple, silaturahmi online dapat dilakukan dengan platform Face Time, loh. Face Time merupakan platform khusus untuk para pengguna iOS dapat melakukan pertemuan daring. Aplikasi ini mendukung 32 orang sekaligus dalam satu meeting video call. Tentu sesama pengguna iOS akan dimudahkan dengan platform ini terutama untuk ajang silaturahmi.

7. Signal.

Aplikasi silaturahmi  berbagai sumber

foto: play.google.com

Signal menjadi rekomendasi terakhir untuk aplikasi yang dapat mendukung silaturahmi saat tidak dapat mudik Lebaran. Platform ini mempunyai fitur unggulan yaitu melakukan video call dengan lebih dari 4 pengguna sehingga kamu mudah melakukan panggilan video dengan keluarga yang ada di kampung halaman.

(brl/tin)