e-HAC jadi syarat mudik Lebaran 2022, ini cara mengisinya

image

Techno.id - Ada berbagai hal yang harus dipersiapkan sebelum mudik Lebaran. Seperti persiapan bekal dalam perjalanan, kesehatan, hingga rencana biaya untuk mudik. Pada masa pandemi seperti sekarang ini, pemerintah mewajibkan para pemudik mengisi electronic Health Alert Card atau disingkat e-HAC pada aplikasi PeduliLindungi. e-HAC merupakan kartu Kewaspadaan Kesehatan Elektronik bagi pelaku perjalanan domestik maupun internasional.

e-HAC pada platform PeduliLindungi merupakan langkah yang dilakukan pemerintah untuk meminimalkan risiko penularan Covid-19 saat mudik Lebaran tiba. Sistem ini dibuat untuk memonitoring pelaku perjalanan domestik maupun luar negeri. Ditambah sistem ini dibentuk untuk mengawasi penularan virus Covid-19 akibat mobilitas warga masyarakat secara luas.

Pengisian form e-HAC diwajibkan untuk semua pemudik, baik dalam perjalanan darat, air, maupun udara. Nantinya akan ada petugas untuk seluruh moda transportasi melakukan pengecekan status kelayakan perjalanan seseorang melalui sistem e-HAC. Karena begitu pentingnya sistem e-HAC untuk masyarakat dalam melaksanakan mudik Lebaran tahun ini, berikut techno.id akan memberikan langkah-langkah mengisi e-HAC pada aplikasi Peduli Lindungi.

eHac peduli lindungi  berbagai sumber

foto: kapanlagi.com/Adrian Utama Putra

1. Silakan untuk instal aplikasi PeduliLindungi
2. Setelah penginstalan selesai, silakan buka aplikasi tersebut
3. Kemudian pilih menu "e-HAC"
4. Klik opsi "Buat e-HAC"
5. Selanjutnya pilih opsi "Domestik"
6. Setelah itu pilih moda transportasi yang akan digunakan. Pilih sesuai keadaan senyatanya, "Dengan Pesawat Terbang", "Dengan Kapal Laut", atau "Dengan Kendaraan Darat".

Langkah selanjutnya jika kamu memilih menggunakan transportasi darat dan laut adalah:
1. Atur tanggal keberangkatan
2. Isikan informasi perjalanan
3. Isi data pribadi
4. Cek kelayakan bepergian
5. Selanjutnya simpan.

eHac peduli lindungi  berbagai sumber

foto: play.google.com

Kemudian langkah untuk kamu yang memilih transportasi udara sebagai berikut, silakan untuk mengisi:
1. Tanggal keberangkatan
2. Nomor penerbangan
3. Data pribadi
4. Selanjutnya cek kelayakan terbang
5. Kemudian konfirmasi.

Itulah beberapa cara untuk mengisi e-HAC saat akan melakukan perjalanan mudik Lebaran 2022. Apabila kamu mendapatkan kendala dengan status tidak layak, maka segera hubungi petugas untuk melakukan penunjukan hasil PCR atau Antigen.

(brl/tin)