11 Cara mengatasi notifikasi WhatsApp tidak muncul, cepat dan mudah

image

Techno.id - Berkirim pesan sekarang dapat dilakukan dengan mudah, bahkan tanpa batas ruang dan waktu. Kemudahan tersebut akibat dari kemajuan teknologi yang kian tak terbendung. Dari berbagai aplikasi yang menawarkan layanan chatting, ada satu platform cukup populer dan digunakan oleh banyak pengguna smartphone di dunia. Aplikasi tersebut adalah WhatsApp.

WhatsApp yang saat ini dikembangkan oleh Meta menjadi wadah untuk orang melakukan komunikasi secara langsung. Ada berbagai fitur yang ditawarkan oleh WhatsApp, seperti mengirimkan stiker, emoji, dan GIF yang lucu, mengirimkan berbagai file dokumen, dan melakukan panggilan video. Namun pernahkah kamu mengalami bug dari WhatsApp yang berakibat tidak munculnya notifikasi saat pesan muncul?

Notifikasi WhatsApp memang sangat penting. Terlebih notifikasi memberikan tanda bahwa ada pesan masuk. Akan tetapi apabila terdapat trouble notifikasi, pasti hal tersebut sangat mengecewakan. Eits, tapi jangan sedih dulu.

Terdapat cara untuk memperbaiki notifikasi WhatsApp yang tidak muncul. Bahkan kamu dapat melakukannya dengan mudah, dan tak perlu repot-repot untuk pergi ke tempat servis handphone loh. Pada kesempatan ini Selasa (24/4) techno.id akan memberikan 11 cara mengatasi notifikasi WhatsApp yang tidak muncul. Yuk simak caranya berikut ini.

1. Cek jaringan internet.

Cara notifikasi WA  berbagai sumber

foto: pixabay.com

Memeriksa apakah perangkat tersambung dengan jaringan internet atau tidak. Karena tak jarang pengguna lupa menyalakan data seluler, atau sedang dalam mode pesawat. Bahkan apabila sudah terkoneksi, mungkin saja kuota data telah habis dan harus diisi.

2. Hidupkan pemberitahuan WhatsApp.

Jangan sampai pengaturan dari notifikasi salah ya. Sering sekali karena ketidaktahuan, malah membuat pengaturan WA keliru sehingga notifikasi tidak muncul. Untuk memastikan bahwa pengaturan benar, silakan pergi ke menu pengaturan WhatsApp, cari opsi notifikasi, dan pastikan preferensi dihidupkan.

3. Matikan fitur Do Not Disturb.

Cara notifikasi WA  berbagai sumber

foto: pixabay.com

Pastikan fitur Do Not Disturb tidak diaktifkan. Karena fitur ini dapat menyebabkan notifikasi WhatsApp tidak muncul. Untuk itu silakan matikan fitur tersebut saat tidak diperlukan.

4. Matikan koneksi Wifi.

Kadangkan kala Wifi yang digunakan tidak memiliki jaringan internet yang stabil. Apabila sudah terhubung dengan Wifi, namun tidak ada notifikasi yang muncul langsung saja untuk beralih ke data seluler. Jika cara itu berhasil, berarti koneksi Wifi sedang ada masalah.

5. Restart perangkat.

Cara notifikasi WA  berbagai sumber

foto: pixabay.com

Cara selanjutnya yang dapat dilakukan adalah mulai ulang perangkat. Silakan matikan daya perangkat dan hidupkan lagi. Biasanya ponsel butuh di restart untuk mengembalikan performanya.

6. Update aplikasi WhatsApp.

Sering sekali pembaruan aplikasi WA tidak dilakukan oleh pengguna. Padahal jika aplikasi tersebut tidak terupdate, kemungkinan besar fungsinya berkurang termasuk notifikasi. Apabila terdapat anjuran untuk melakukan pembaruan, silakan lakukan. Karena bisa saja notifikasi tidak muncul karena aplikasi belum terupdate.

7. Matikan fitur hemat daya.

Cara notifikasi WA  berbagai sumber

foto: pixabay.com

Fitur hemat daya dapat menurunkan performa aplikasi untuk dijalan. Hal tersebut bertujuan untuk perangkat tetap dapat menyala. Untuk itu apabila tidak diperlukan, silakan untuk mematikan fitur hemat daya.

8. Nyalakan aktivitas latar belakang.

Menyalakan aktivitas latar belakang dapat mengembalikan notifikasi yang tidak muncul. Untuk cara mengaktifkannya pengguna cukup masuk ke manajer aplikasi, pilih aplikasi WhatsApp, dan nyalakan fitur latar belakang.

9. Matikan fitur multi-device.

Fitur multi-device memang sangat membantu pengguna WhatsApp di beberapa kondisi. Namun hal ini berdampak notifikasi tidak muncul karena telah muncul pada perangkat lain. Oleh karena itu, silakan logout akun WhatsApp dari perangkat yang tidak terpakai, dan kembali menggunakan perangkat utama.

10. Aktifkan notifikasi desktop.

Cara notifikasi WA  berbagai sumber

foto: pixabay.com

Saat menggunakan WA web, silakan untuk mengaktifkan notifikasi desktop. Apabila tidak dinyalakan, maka secara otomatis peramban mengatur untuk tidak memberikan notifikasi ke pengguna. Silakan klik prompt di browser setelah perangkat tersambung.

11. Izinkan notifikasi pada pengaturan perangkat.

Kadang kala terdapat pengaturan yang keliru pada aplikasi WhatsApp. Silakan beri izin untuk notifikasi WhatsApp. Caranya buka menu pengaturan, kemudian masuk ke manajer aplikasi WhatsApp. Kemudian nyalakan pada opsi Izinkan Pemberitahuan.

(brl/guf)