4 Aksesori iPhone yang bisa membantu kamu membuat konten vlogging jadi lebih profesional

4 Aksesori iPhone yang bisa membantu kamu membuat konten vlogging jadi lebih profesional

Techno.id - Menjadi seorang vlogger tidak pernah semudah seperti sekarang. Dulu, banyak orang berpikir untuk menjadi vlogger dibutuhkan peralatan yang mumpuni seperti kamera profesional, perangkat audio kelas wahid, dan sistem pencahayaa (lighting)standard studio.

Sekarang, baik untuk membuat video panjang untuk diunggah di YouTube atau video pendek di TikTok, cukup menggunakan smartphone. Sebab, saat ini sejumlah smartphone baik Android ataupun iPhone sudah dibekali kamera yang sangat mumpuni.

Dulu mungkin banyak yang beranggapan kamera ponsel cerdas dianggap murah dan inferior. Tetapi kini kualitasnya telah meningkat pesat. Sebut saja kamera iPhone 15 yang telah menerima peningkatan kualitas yang sangat besar selama beberapa generasi terakhir.

Meski tidak bisa disandingkan secara apple to apple dengan kamera DSLR atau camcorder berkualitas lebih tinggi, namun ada banyak tips dan trik fotografi untuk iPhone yang dapat membantu kamu meningkatkan kualitas hasil vlog.

Bahkan kini ada beberapa aksesoris vlogging yang didesain khusus untuk pengguna iPhone. Berikut adalah beberapa aksesori iPhone terbaik untuk membantu kamu membuat konten vlogging.

1. Lampu cincin (ring light)

4 Aksesori iPhone yang bisa membantu kamu membuat konten vlogging jadi lebih profesional foto: freepik

Pencahayaan yang baik merupakan salah satu aspek terpenting dalam sinematografi. Faktanya, video dari iPhone yang merekam subjek dengan pencahayaan yang tepat sebenarnya akan terlihat lebih baik daripada video dari kamera mahal yang merekam dalam pencahayaan yang buruk.

Ada banyak pilihan, dan kamu bahkan bisa mendapatkan beberapa lampu studio yang layak tanpa harus mengeluarkan budget yang besar. Ini mungkin bukan pilihan terbaik untuk semua orang. Namun solusi yang jauh lebih sederhana untuk vlogger yang ingin menyiapkan dan memotret dengan cepat adalah berinvestasi dalam ring light yang bagus.

Aksesoris ini pertama kali mendapatkan popularitas di kalangan vlogger tutorial make-up karena dirancang khusus untuk menerangi wajah. Desain melingkar menerangi subjek dari setiap sudut, menerangi seluruh lingkar wajah dan menghilangkan bayangan.

Kini banyak lampu cincin yang dapat diisi ulang dan dirancang untuk dipasang ke iPhone. Harganya pun relative terjangkau. Kombinasi efektivitas dan keterjangkauan ini menjadikan ring light pilihan yang mudah bagi vlogger yang ingin meningkatkan kualitas konten mereka.

2. Mikrofon

4 Aksesori iPhone yang bisa membantu kamu membuat konten vlogging jadi lebih profesional foto: freepik/photosaint

Kualitas audio juga penting selain visual. Kualitas gambar yang buram dapat mengganggu, tetapi audio yang hening, tidak teratur, atau statis sama sekali tidak dapat ditoleransi. Pandangan adabenarnya dalam hal vlogging, karena sebagian besar audiens kemungkinan besar akan lebih tertarik untuk mendengarkan apa yang kamu katakan daripada melihat konten yang kamu buat.

Sayangnya, meskipun kamera di sebagian besar iPhone modern sangat bagus, mikrofon internal menyisakan sedikit masalah. Artinya, kamu perlu berinvestasi pada mikrofon eksternal yang layak.

Mikrofon lavalier adalah pilihan yang popular dan umum digunakan di televisi, karena ukurannya yang kecil, menempel di baju dan sangat bagus dalam mengisolasi suara orang yang memakainya.

Pilihan lainnya adalah berinvestasi dalam mikrofon shotgun. Perangkat ini menerima audio dalam bentuk kerucut dan dapat dipasang ke bagian atas kamera saat kamu merekam. Beberapa merek telah membuat model yang dirancang untuk terhubung langsung ke iPhone.

3. Solusi mounting

4 Aksesori iPhone yang bisa membantu kamu membuat konten vlogging jadi lebih profesional foto: freepik/fongbeerredhot

Saat membuat vlog, beberapa orang ingin membebaskan tangan mereka saat merekam. Untuk melakukannya, kamu memerlukan mounting yang layak. Misalnya kamu bisa mereka dengan iPhone ditempatkan pada penjepit yang bisa menempel di sisi meja. Kamu juga bisa menggunakan tongkat selfie jika ingin merekam video saat bepergian.

Selain itu kamu juga bisa menggunakan tripod yang dapat dengan mudah menyesuaikan ketinggian dan posisi ponsel. Sekarang telah menjadi praktik umum bagi banyak produsen tripod untuk menyertakan penjepit telepon yang memungkinkan kamu memutar dan memposisikan ponsel dengan aman.

4. Lensa eksternal

4 Aksesori iPhone yang bisa membantu kamu membuat konten vlogging jadi lebih profesional foto: freepik/zkolra

Sementara pemilik iPhone 15 bekerja dengan kamera baru yang mengesankan, vlogger dengan iPhone lama bisa menggunakan aksesoris lensa eksternal untuk meningkatkan kualitas gambar.

Saat ini banyak di pasaran jenis-jeni lensa ekternal aftermarket yang dapat dipasang secara eksternal ke kamera iPhone untuk mengubah cara pemotretannya. Kamu bisa memodifikasi perbesaran tanpa mengorbankan resolusi, atau bereksperimen dengan mata ikan atau lensa sudut lebar yang menawarkan bidang pandang berbeda dari lensa bawaan kamera ponsel.

Beberapa produsen membuat seluruh rangkaian lensa dengan perbesaran dan bukaan yang berbeda. Salah satu ukuran yang popular adalah 18mm, karena menambahkan bidang pandang seperti DSLR standar yang membuat video terlihat seperti diambil dengan kamera kelas atas.

Lensa mungkin tidak menjadi prioritas dalam daftar aksesori iPhone, tetapi lensa yang bagus dapat membantu membedakan visual vlogger dan memberi kesan kepada pemirsa bahwa video tersebut direkam dengan kamera berkualitas.

(brl/red)