Program perbaikan mandiri Samsung, ini berbagai faktor yang perlu kamu ketahui

Program perbaikan mandiri Samsung, ini berbagai faktor yang perlu kamu ketahui

Techno.id - Ponsel Samsung kamu mengalami masalah baik karena penyebab alami seperti baterai yang menua atau kamu secara tidak sengaja menjatuhkannya dan memecahkan layar, program perbaikan mandiri Samsung dapat membantu.

Raksasa teknologi asal Korea Sekatan itu meluncurkan program tersebut pada Agustus 2022. Pengguna Samsung dapat memesan suku cadang asli perangkat mereka untuk melakukan perbaikan sendiri.

Program ini tidak hanya memperpanjang masa pakai produk selama beberapa tahun, tetapi juga menghemat uang yang seharusnya digunakan untuk membeli perangkat baru.

Selain itu, inisiatif ini memungkinkan orang untuk menggunakan ponsel cerdas, tablet, soundbar, dan bahkan televisi kesayangan mereka lebih lama daripada yang bertahan tanpa perbaikan. Awalnya inisiatif ini hanya mencakup perangkat terbatas, seperti seri Galaxy S20 dan S21 serta Galaxy Tab S7+.

Namun dalam beberapa tahun terakhir, Samsung menambahkan lebih banyak produk seperti Galaxy S22 dan Galaxy Book. Saat ini, program perbaikan sendiri mencakup hampir 50 produk, termasuk soundbar, monitor, proyektor, dan bahkan beberapa model televisi.

Berikut sejumlah detail lebih lanjut tentang wilayah tempat program tersedia, perangkat yang memenuhi syarat, dan suku cadang yang disediakan. Lantas bagaimana dengan kelebihan dan kekurangan program ini?

Apakah perangkat Samsung kamu tercakup dalam program ini?

Program perbaikan mandiri Samsung, ini berbagai faktor yang perlu kamu ketahui foto: samsung

Program perbaikan mandiri Samsung mencakup semua model dalam jajaran Galaxy S20, S21, S22, dan S23. Satu-satunya edisi Fan Edition yang disebutkan dalam daftar resmi adalah Galaxy S23 FE. Perangkat lipat terbaru dari perusahaan, yaitu Galaxy Z Fold 5 dan Flip 5, juga memenuhi syarat. Jika kamu memiliki salah satu tablet Galaxy Tab S9 atau Galaxy Tab S7+, kamu beruntung. Untuk notebook, kamu dapat memesan suku cadang baru untuk Galaxy Book 2 Pro (15 inci), Book 2 Pro 360 (15 inci), Book 2 Pro 360 5G (13,3 inci), Book Pro (15 inci), atau Book Pro 360 (15 inci).

Selain smartphone, tablet, dan notebook, inisiatif ini juga mencakup enam model televisi tahun 2023, termasuk TV OLED Kelas 77 inci, TV Neo QLED 8K Kelas 98 inci, Class The Frame-Disney100 Edition (tiga ukuran), dan kelas 85 inci The Terrace Full Sun Neo QLED TV. Menariknya, proyektor Freestyle Gen 2 juga didukung. Selain itu, situs resminya menyebutkan sembilan monitor dan empat soundbar.

Awalnya, program perbaikan sendiri hanya tersedia di Amerika Serikat. Sekarang, Samsung telah memperluasnya ke lebih dari 40 negara.

Cara memesan kit perbaikan sendiri untuk ponsel cerdas Samsung

Program perbaikan mandiri Samsung, ini berbagai faktor yang perlu kamu ketahui foto: samsung

Untuk memesan suku cadang dan alat yang diperlukan, kunjungi halaman web perbaikan mandiri resmi Samsung. Jika kamu memiliki model apa pun dari lini S20, S21, S22, atau Galaxy Tab S7+ atau memiliki Galaxy Book Pro 15 inci atau Galaxy Book Pro 360 15 inci, pilih iFixit. Ini akan mengarahkan kamu ke halaman kolaborasi iFixit, yang mencantumkan semua model.

Pilih Encompass untuk semua perangkat lain, seperti seri Galaxy S23, tablet, soundbar, TV digital, komputer, dan proyektor. Ini akan mengarahkan kamu ke situs web Suku Cadang Samsung.

Setelah berada di halaman web yang benar, pilih produk (iFixit) atau kategori dan model (Suku Cadang Samsung). Di layar berikutnya, iFixit akan menampilkan daftar suku cadang yang tersedia dengan opsi untuk melihat semua detailnya. Samsung Parts mengarahkan kamu ke blognya yang berisi panduan servis terperinci, di mana kamu harus memilih "Belanja suku cadang" untuk melihat daftar suku cadang yang tersedia. Tambahkan bagian yang diperlukan ke keranjang kamu, isi detail kamu, dan selesaikan pesanan.

Meskipun program perbaikan mandiri berisi banyak ponsel cerdas, tidak semua komponen tersedia untuk semua model. Misalnya, kamu dapat memesan unit speaker untuk Galaxy Z Fold 5, tetapi tidak untuk S22 Ultra.

Haruskah kamu melakukan perbaikan sendiri?

Program perbaikan mandiri Samsung, ini berbagai faktor yang perlu kamu ketahui foto: ifixit

Program perbaikan mandiri Samsung merupakan langkah penting untuk hak memperbaiki perangkat, dan memperpanjang masa pakainya. Ini juga berdampak positif bagi lingkungan karena mengurangi limbah elektronik. Kamu dapat memperbaiki suku cadang, termasuk tombol volume, tombol samping, speaker, dan baki SIM, selain layar, baterai, port pengisian daya, dan panel belakang. Pemilik Buku Galaxy dapat mengganti speaker, kipas, pembaca sidik jari, dan touchpad mereka, di antara bagian lainnya.

Namun, ada beberapa hal yang harus kamu ketahui. Pertama, Samsung menawarkan garansi terbatas 90 hari untuk suku cadang perbaikan asli (sejak tanggal pengiriman). Namun, perusahaan tidak menanggung tagihan perbaikan berikutnya jika kamu merusak produk saat memperbaikinya. Kecuali jika kamu yakin dapat membongkar sekrup, suku cadang, dan konektor yang diperlukan dengan hati-hati dan menggantinya pada posisi yang sama, mengikuti panduan terperinci dari iFixit dan Suku Cadang Samsung, kamu tidak boleh memilih untuk memperbaiki sendiri.

Sebagai gantinya, kamu dapat menghubungi dukungan Samsung dan menjadwalkan janji temu langsung di pusat layanan terdekat. Atau, kamu dapat memesan suku cadang asli dan membawa ponsel kamu ke bengkel lokal tepercaya. Jika kamu pernah melakukan beberapa operasi ponsel cerdas atau laptop di masa lalu dan merasa dapat menanganinya, pastikan kamu membaca semua materi pendukung di situs web, termasuk panduan dan video langkah demi langkah.

(brl/red)