Samsung luncurkan program SmartExchange, solusi mudah buang sampah elektronik

Samsung luncurkan program SmartExchange, solusi mudah buang sampah elektronik

Techno.id - Sampah elektronik (e-waste) membutuhkan penanganan spesifik karena dapat mencemari dan membahayakan lingkungan apabila dibuang sembarangan. Sebagai informasi, di Indonesia berdasarkan laporan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, timbunan sampah elektronik mencapai 2 juta ton.

Nah sebagai wujud kontribusi dalam pelestarian lingkungan dan memberikan solusi nyata bagi konsumen yang ingin membuang atau menjual produk elektronik lama mereka, Samsung Electronics Indonesia memperkenalkan SmartExchange, program tukar tambah dengan konsep khusus untuk pelanggan yang membeli produk consumer electronics Samsung berupa mesin cuci, kulkas, microwave, TV, ataupun monitor di website Samsung.

Melalui program ini, konsumen dapat menitip buang atau titip jual barang elektronik lama, lalu ditukar tambah (trade-in) dengan produk terbaru Samsung ditambah lagi dengan gratis pemasangan. Nantinya sampah elekronik ini akan didaur ulang oleh lembaga yang kompeten.

Samsung luncurkan program SmartExchange, solusi mudah buang sampah elektronik foto: samsung

Head of Home Appliances Business Samsung Electronics Indonesia Joseph Martius dalam keterangan resminya menjelaskan, program SmartExchange merupakan solusi cerdas untuk membuang ataupun menjual barang lama.

Persyaratan untuk produk elektronik yang bisa ditukar tambah dalam program SmartExchange ini antara lain, produk masih menyala dan berfungsi normal, kondisi layar dan panel (pada TV dan monitor) atau gear, mesin, saluran air (pada mesin cuci), kompresor dan freon (pada refrigerator), pemanas dan grill (pada microwave), semua masih dalam kondisi normal dan tidak terdapat kerusakan.

Begitu juga dengan kondisi tombol-tombol dan knob masih lengkap dan berfungsi normal, termasuk untuk remote control (untuk produk TV dan Monitor). Kondisi fisik barang elektronik lama wajib terbilang cukup baik, seperti masih mulus atau terdapat lecet, baret, atau penyok maksimal di 4 titik.

Kamu dapat melakukan SmartExchange dengan langkah sebagai berikut.

1. Kunjungi dan beli produk consumer electronics di samsung.com/id bertanda khusus SmartExchange.

2. Pada saat proses pembayaran, pilih opsi pengiriman SmartExchange + Free Installation pada bagian halaman alamat pengiriman.

3. Produk baru akan diantar ke alamat pelanggan dan produk lama dapat diserahkan untuk dititip jual atau dititip buang.

4. Tersedia gratis jasa instalasi produk untuk pelanggan program SmartExchange oleh tim yang berpengalaman.

5. Setelah produk lama berhasil terjual, pelanggan akan mendapatkan hasil penjualan.

Upgrade mesin cuci lama

Melalui mekanisme SmartExchange, konsumen bisa menukarkan produk lama mereka dengan produk terbaru dari Samsung. Di antaranya adalah mesin cuci Bespoke AI Washer+Dryer Combo yang memiliki kapasitas 13 dan 8kg, serta Laundry Front Load Washer & Dryer Ecobubble yang punya kapasitas besar hingga 21kg.

Bespoke AI Washer+Dryer Combo memiliki desain stylish dan elegan dan dibekali beberapa teknologi AI. Sementara Front Load Washer & Dryer Combo dengan kapasitas besar, saat terhubung ke smartphone, aplikasi SmartThings akan memberikan saran tentang siklus, perencanaan, dan memberikan solusi masalah.

(brl/red)