Keyboard laptop terkena air? Begini cara mudah mengatasinya

Keyboard laptop terkena air? Begini cara mudah mengatasinya

Techno.id - Tentu saja, ketika kamu duduk di meja kerja atau belajar, tidak hanya perangkat elektronik yang tersedia. Tidak jarang pengguna menyediakan gelas di sebelahnya. Ini terkadang menyebabkan salah satu masalah. Artinya, air yang tumpah secara tidak sengaja mengenai keyboard laptop atau komputer.

Namun, tidak perlu panik. Kamu dapat melakukan langkah pertama saat keyboard secara tidak sengaja menumpahkan air. Bagaimana cara menangani ini? Secara detail, berikut adalah langkah awal untuk mengatasi keyboard yang terkena air yang dirangkum dari berbagai sumber.

Nonaktifkan tombol keyboard dan lepas baterai

Metode ini untuk pengguna keyboard portabel. Setelah mematikan dan melepas baterai, keyboard dapat dikeringkan dan dibersihkan dengan kain kering atau lapang.

Melepas tuts dari keyboard

Pemilik keyboard dapat menggunakan alat khusus untuk melepas tuts dari keyboard. Ini membuat pengeringan dan pembersihan lebih mudah. Setelah benar-benar kering dan bersih, kamu dapat memasang kembali tombol pada keyboard.

Bongkar keyboard

Jika terbentur keyboard dan tidak berfungsi, bisa langsung dibongkar. Setelah melepas bagian keyboard, kendurkan sekrup yang menahan keyboard. Kemudian gunakan kain untuk mengeringkan setiap sudut keyboard yang terkena air. Kemudian keringkan keyboard di depan kipas angin.

Matikan laptop

Jika air masuk ke keyboard laptop, segera matikan laptop dan cabut semua kabel yang terpasang pada laptop. Kemudian balikkan agar air mengalir dan gunakan kain penyerap untuk mulai mengeringkan permukaan laptop.

Menggunakan alkohol 99 persen isopropil

Tak hanya air biasa, tak jarang keyboard terkena tumpahan cairan perasa seperti teh atau kopi. Hal ini yang membuat bagian keyboard lengket. Berikut ini cara mengatasinya:

- Lepaskan keycaps keyboard jika memungkinkan
- Selanjutnya tuang 99 persen alkohol isopropil ke mangkuk kecil
- Celupkan kain ke dalam alkohol. Pastikan tidak terlalu basah
- Gunakan untuk menggosok bagian-bagian keyboard yang terkena cairan manis - -
- Selanjutnya gunakan penyeka dan kain untuk membersihkan keycaps yang dilepas Pastikan membersihkan keycaps secara menyeluruh
- Keringkan keyboard dengan kain bebas serabut. Kemudian biarkan selama 24 hingga 48 jam sebelum kembali kamu pasang

Magang: Naja

(brl/guf)