Jangan panik, begini cara melacak dan mengunci ponsel Poco yang hilang

Jangan panik, begini cara melacak dan mengunci ponsel Poco yang hilang

Techno.id - Smartphone kini menjadi perangkat yang tidak bisa dipisahkan dari anak muda untuk beraktivitas, termasuk bermain game. Poco X5 5G yang ditenagai Snapdragon 695 5G adalah salah satu perangkat yang cukup mumpuni untuk gaming.

Perangkat ini punya performa ekstrem di kelasnya buat melibas game-game favorit, juga desain rampingnya yang keren bikin standout di tongkrongan. Wajar jika ponsel ini kerap digunakan untuk mabar.

Tapi ada kalanya, usai mabar perangkat ketinggalan dan hilang. Tapi jangan keburu panik. Soalnya, selain dikenal berkat performa dan harganya yang ekstrem, Poco juga punya fitur keamanan mumpuni. Begini cara melacak ponsel Poco kamu yang hilang.

Jangan panik, begini cara melacak dan mengunci ponsel Poco yang hilang foto: poco

1. Pastikan kamu memiliki akun Xiaomi dan terhubung pada Mi Cloud di ponsel tersebut.

2. Kunjungi website Mi Cloud di i.mi.com menggunakan perangkat seperti laptop atau PC.

3. Di pojok kanan atas terdapat opsi untuk mengganti bahasa, misalnya ke bahasa Indonesia.

4. Pilih Masuk dengan Akun Mi kemudian log in (bisa menggunakan email, nomor hape, atau ID Mi yang terdaftar pada akun Mi di ponsel yang hilang. Itu adalah akun layanan Xiaomi Cloud buat membantu mencari, mengunci, menyembunyikan, maupun menghapus ponsel kamu.

5. Klik Cari perangkat untuk mulai mencari lokasi ponsel terkini.

6. Jika belum pernah mengunjungi fitur ini, maka kamu akan diminta memilih tipe ponsel yang digunakan.

Jangan panik, begini cara melacak dan mengunci ponsel Poco yang hilang foto: poco

7. Jika titik lokasi yang muncul warnanya biru, berarti ponsel dalam keadaan aktif. Tapi kalau berwarna abu-abu dan ada tulisan waktu terakhir online, berarti ponsel sedang tidak aktif sehingga lokasinya merupakan lokasi terakhir kali ketika ponsel aktif.

8. Setelah lokasi ditemukan, zoom peta yang muncul untuk memastikan tingkat keakuratan posisi ponsel.

9. Ketika sudah berada di titik lokasi ponsel yang hilang, kamu dapat membunyikan ponsel dengan menekan opsi Bunyi yang ada kiri bawah menu dari ponsel yang ditemukan. Suara akan aktif meski ponsel dalam keadaan silent.

Perlu diingat bahwa pelacakan bisa dilakukan bila fitur Cari perangkat (Find device) di ponsel sudah diaktifkan, dan lokasi akan terbaca kalau ponsel terkoneksi jaringan internet. Sehingga, dianjurkan buat mengaktifkan fitur tersebut dan mencoba lacak ponsel sebelum kejadian hilang.

(brl/red)