Cara menghentikan notifikasi yang mengganggu di layar iPhone, bisa menghemat baterai juga lho

Cara menghentikan notifikasi yang mengganggu di layar iPhone, bisa menghemat baterai juga lho

Techno.id - Mungkin kamu pernah merasa bosan atau terganggu dengan notifikasi yang terus muncul di iPhone. Selain mengganggu, notifikasi ini juga membuat layar iPhone kamu terus menyala dan itu berarti akan mengurangi daya baterai.

Dengan menggunakan mode Jangan Ganggu atau mengubah pengaturan notifikasi, kamu akan terhindar dari gangguan tersebut sekaligus membantu menghemat penggunaan baterai. Begini cara menghentikan notifikasi di layar iPhone

Aktifkan mode Jangan Ganggu

Cara menghentikan notifikasi yang mengganggu di layar iPhone, bisa menghemat baterai juga lho foto: tangkapan layar/techno.id/yani andriyansyah

Apple menyertakan fitur yang dapat dengan cepat membungkam iPhone atau iPad apa pun yang disebut " Do Not Disturb" (Jangan Ganggu), yang merupakan jenis Mode Fokus tertentu. Saat aktif, fitur ini akan membisukan panggilan masuk, pesan, dan notifikasi secara default, tetapi ini dapat bervariasi tergantung bagaimana kamu mengaturnya.

Untuk mengaktifkan mode Jangan Ganggu dengan cepat, pertama-tama, luncurkan Control Center di iPhone atau iPad kamu, lalu ketuk tombol Fokus (yang terlihat seperti bulan sabit).

Dengan mode Jangan Ganggu (atau mode Fokus lainnya) diaktifkan, iPhone atau iPad kamu terkunci, pesan dan pemberitahuan yang masuk tidak akan membangunkan layar perangkat. Untuk mematikan Jangan Ganggu, luncurkan Control Center lagi dan ketuk tombol Jangan Ganggu hingga tidak lagi disorot.

Menonaktifkan pemberitahuan pada layar kunci

Cara menghentikan notifikasi yang mengganggu di layar iPhone, bisa menghemat baterai juga lho foto: tangkapan layar/techno.id/yani andriyansyah

Jika kamu tidak ingin menggunakan mode Jangan Ganggu agar iPhone atau iPad tidak menyala saat menerima notifikasi namun tetap ingin menerima semua panggilan telepon masuk, kamu harus masuk ke dalam pengaturan notifikasi perangkat.

Apple mengizinkan pengguna menonaktifkan notifikasi layar kunci untuk aplikasi apa pun.

1. Untuk melakukannya, buka Pengaturan pada iPhone atau iPad.

2. Di Pengaturan, ketuk "Pemberitahuan."

3. Di Notifikasi, gulir daftar dan ketuk nama aplikasi yang ingin kamu cegah agar tidak membangunkan layar seperti Facebook Messenger, Signal, X (Twitter), FaceTime, atau aplikasi lainnya.

4. Pada pengaturan notifikasi aplikasi, ketuk "Kunci Layar" untuk menghapus centang.

5. Setelah itu, kembali ke satu layar dan ulangi proses ini untuk aplikasi lain yang ingin kamu bungkam di layar kunci.

Setelah selesai, keluar dari Pengaturan, dan kamu tidak akan lagi melihat notifikasi dari aplikasi-aplikasi tersebut di layar kunci. Hasilnya, notifikasi dari aplikasi-aplikasi tersebut tidak akan lagi membangunkan layar iPhone kamu.

(brl/red)