15 Cara membuat baterai perangkat Android bertahan lebih lama dengan menyesuaikan beberapa pengaturan

15 Cara membuat baterai perangkat Android bertahan lebih lama dengan menyesuaikan beberapa pengaturan

Techno.id - Baterai ponsel cerdas telah berkembang jauh sejak smartphone pertama muncul. Hanya saja semakin berkembangnya fitur yang disematkan di dalam ponsel cerdas, ponsel cerdas harus berjalan multifungsi, sebagai navigator, menjalankan kamera, dan alat untuk berselancar di media sosial.

Selain itu, baterai ponsel cerdas juga harus memasok daya untuk menjalankan Wi-Fi, data selular, GPS, streaming video, widget, dan lain sebagainya yang notabene, beberapa fungsi tersebut sangat rakus energi.

Kendati begitu, ponsel cerdas Android memungkinkan kamu menyesuaikan penggunaan baterai hingga tingkat yang tidak mungkin dilakukan pada iPhone. Berikut cara-cara yang dapat kamu lakukan untuk memperpanjang masa pakai baterai ponsel Android dengan beberapa pengaturan.

1. Periksa aplikasi mana yang menghabiskan baterai

15 Cara membuat baterai perangkat Android bertahan lebih lama dengan menyesuaikan beberapa pengaturan foto: freepik

Pada semua versi Android, tekan Pengaturan > Perangkat > Baterai atau Pengaturan > Daya > Penggunaan Baterai untuk melihat daftar semua aplikasi dan berapa banyak daya baterai yang mereka gunakan. Jika aplikasi yang tidak sering kamu gunakan tampaknya menghabiskan daya yang tidak proporsional, pertimbangkan untuk mencopot pemasangannya.

2. Copot pemasangan aplikasi

15 Cara membuat baterai perangkat Android bertahan lebih lama dengan menyesuaikan beberapa pengaturan foto: freepik/perig76

Hapus aplikasi yang tidak kamu gunakan dari satu menu dengan menuju ke Pengaturan > Aplikasi > Semua. Ketuk setiap aplikasi dan tekan Copot Pemasangan untuk menghapusnya serta semua data yang telah dibuatnya.

3. Hapus widget yang tidak perlu dari layar beranda

15 Cara membuat baterai perangkat Android bertahan lebih lama dengan menyesuaikan beberapa pengaturan foto: freepik/rawpixel.com

Banyak aplikasi Android, termasuk jejaring sosial, aplikasi cuaca, dan aplikasi berita, hadir dengan widget yang mudah dipasang di layar beranda untuk pembaruan real time. Namun, widget adalah penguras baterai karena sinkronisasinya yang konstan dengan animasi penghisap daya. Jika kamu tidak memerlukan jendela permanen ke umpan berita Facebook atau pembaruan rutin tentang cuaca, hapus widget yang tidak berguna dengan menekan dan menahannya, lalu menyeretnya ke ikon tempat sampah.

4. Matikan notifikasi

15 Cara membuat baterai perangkat Android bertahan lebih lama dengan menyesuaikan beberapa pengaturan foto: freepik

Mendapatkan pembaruan real time tentang aplikasi mungkin berguna untuk hal-hal seperti email atau jejaring sosial, tetapi banyak aplikasi secara otomatis meminta izin untuk mengirim pemberitahuan, padahal tidak terlalu berguna.

Matikan notifikasi dengan menuju ke Pengaturan > Aplikasi, lalu kunjungi aplikasi yang kurang diperlukan dan hapus centang "Tampilkan pemberitahuan.

5. Minimalkan sinkronisasi aplikasi

15 Cara membuat baterai perangkat Android bertahan lebih lama dengan menyesuaikan beberapa pengaturan foto: freepik/padastocker

Alternatif lain adalah tetap mengaktifkan notifikasi aplikasi tetapi mengurangi seberapa sering aplikasi menyinkronkan dan memeriksa perubahan seperti pesan baru. Buka Pengaturan > Akun & Sinkronisasi untuk melakukannya secara manual untuk setiap aplikasi, atau matikan sinkronisasi otomatis di menu yang sama.

(brl/red)