Hindari 7 hal ini saat menggunakan stop kontak listrik, bisa menyebabkan kebakaran lho

Hindari 7 hal ini saat menggunakan stop kontak listrik, bisa menyebabkan kebakaran lho

Techno.id - Banyak dari kamu pasti pernah mendengar peristiwa kebakaran disebabkan hubungan arus pendek atau korsleting. Nah umumnya kondisi tersebut dikarenakan penggunaan sumber daya listrik yang tidak benar. Bisa juga karena alat instalasi listrik yang dipasang tidak sesuai standard yang ditetapkan.

Karena itu sangat penting untuk memerhatikan kualitas alat-alat listrik termasuk kebiasaan menggunakan stop kontak dari sumber listrik PLN. Berikut beberapa hal yang harus kamu hindari saat menggunakan stop kontak listrik agar tidak menyebabkan risiko yang fatal.

1. Jangan menyambung antar stop kontak gulung

Hindari 7 hal ini saat menggunakan stop kontak listrik, bisa menyebabkan kebakaran lho (Foto: Freepik.com/macrovector)

Jika ingin menggunakan listrik namun letak perangkat yang membutuhkan daya listrik berada cukup jauh, umumnya kita akan menyambung dengan stop kontak kabel yang biasanya dalam bentuk gulungan. Sebaiknya gunakan satu stop kontak kabel yang dihubungkan ke sumber daya listrik PLN yang berada di rumah.

Jangan dibiasakan menggunakan dua stop kontak gulung yang disambung. Apalagi jika antarstop kontak tersebut tidak serupa terutama dalam ukuran diameter kabel. Perbedaan ukuran kabel ini bisa menyebabkan panas. Biasanya stop kontak dengan kabel yang lebih tipis akan lebih mudah panas dan dapat menyebabkan socket stop kontak terbakar atau korsleting.

Hindari juga menggunakan stop kontak gulung dengan kabel serabut. Sebab, kabel serabut sejatinya tidak diperuntukkan bagi sumber listrik arus menengah (PLN) di rumah.

2. Jangan meletakkan stop kontak di bawah karpet

Hindari 7 hal ini saat menggunakan stop kontak listrik, bisa menyebabkan kebakaran lho (Foto: Freepik.com/vitalii_petrushenko)

Saat listrik mengalir karena adanya beban, arus listrik dapat menghasilkan panas. Karena itu jangan pernah meletakkan stop kontak listrik di bawah permadani di dalam ruangan. Hal ini bisa menimbulkan bahaya kebakaran. Selain itu, meletakkan stop kontak di bawah karpet juga rawan terinjak dan menimbulkan risiko sengatan listrik.

Magang : Zadun Naja

(brl/red)