Habis reset ke setelan pabrik? Ini cara mudah memulihkan data di Google Drive di HP Android

Habis reset ke setelan pabrik? Ini cara mudah memulihkan data di Google Drive di HP Android

Techno.id - Ada berbagai faktor yang membuat seorang pengguna smartphone mereset perangkatnya pada format pabrik. Mereset smartphone ke setelan pabrik adalah solusi paling terakhir jika smartphone pengguna mengalami masalah. Selain itu, banyak hal lain yang membuat pengguna hendak reset smartphone.

Semisal di antaranya menghapus sampah, menyingkirkan file berbahaya, dan mungkin memang ingin mulai dari baru. Keuntungan melakukan reset ulang adalah membuat smartphone jauh lebih lancar digunakan.

Sebelum melakukan reset ke setelan pabrik, semua data dan file penting sebaiknya dicadangkan lebih dulu. Google Drive merupakan salah satu platform yang bisa dimanfaatkan untuk menyimpan data dan file penting itu. Sehingga setelah proses reset pabrik pada smartphone selesai, pengguna bisa memulihkan datanya ke smartphone.

Lalu bagaimana cara melakukannya? Dirangkum techno.id pada Senin (3/4), berikut cara mudah memulihkan data di Google Drive.

Dalam pencadangan, hal-hal biasanya yang dimuat berupa pesan kontak, setelan aplikasi, ID pribadi, dan log error.

Caranya sederhana, buka aplikasi Google Drive. Lalu unduh kembali file yang telah diupload dengan cara klik kanan pada file lalu pilih download. Atau bisa dengan mengklik ikon titik tiga di ujung kanan lalu pilih download. Memulihkan data dari perangkat Android yang dicadangkan ke Google Drive dilakukan dengan cara manual.

(brl/guf)