7 Cara mengatasi HP lemot, dijamin langsung ngebut

7 Cara mengatasi HP lemot, dijamin langsung ngebut

Techno.id - Kamu emosi nggak ketika HP lemot? Tentu saja HP yang lemot akan menguji kesabaran kamu. Apalagi harus menyelesaikan beberapa pekerjaan segera, pasti emosi akan naik disebabkan kinerja HP yang lemot.

Banyak faktor yang menyebabkan HP menjadi lemot. Diantaranya versi sistem operasi yang usang, aplikasi dengan ukuran besar, serta penyimpanan ponsel yang tidak memadai.

Jangan risau dulu, ada beberapa langkah yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi itu. Caranya kamu harus mengotak-ngatik HP untuk menemukan masalah dan cara mengatasinya.

Berikut techno.id telah merangkum beberapa hal yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi HP yang lemot. Simak penjelasan di bawah ini.

1. Rutinlah menghapus cache

Setiap kali kamu bermain ponsel maka akan menghasilkan cache atau file sampah. Layaknya sampah kalau tidak dibuang dan dibiarkan menumpuk maka akan memenuhi ruang penyimpanan ponsel kamu. Oleh karena itu, kamu sebaiknya secara berkala menghapus file cache yang ada di ponselmu.

Caranya cukup simpel, pergi ke Pengaturan dan pilih menu Aplikasi. Pilih aplikasi yang ingin kamu bersihkan cachenya. Kemudian buka Penyimpanan, lalu hapus cache atau file sampah yang tersedia.

2. Hapuslah aplikasi dan file yang tidak perlu

Dalam perangkat ponsel kamu dapat menyimpan segala hal. Tapi ada hal yang harus kamu perhatikan yaitu kapasitas penyimpanan. Jika kamu memiliki banyak aplikasi dan file yang berukuran besar sedang penyimpanan ponsel hampir penuh, maka kinerja ponsel akan menjadi lambat. Untuk menanganinya, kamu dapat menghapus aplikasi yang tidak gunakan dan file yang sudah tidak perlu.

3. Update sistem operasi

Setiap ponsel memiliki pembaruan sistem operasi. Kamu biasanya akan mendapatkan notifikasi dan pemberitahuan untuk meng-updatenya. Jika mendapatkan pemberitahuan langsung saja update sistem operasi ponselmu ke versi terbaru. Hal itu bertujuan agar kinerja ponselmu selalu prima tanpa takut lemot.

4. Update aplikasi

Dalam menggunakan suatu aplikasi tertentu terkadang kamu menemukan kinerja aplikasi yang lemot. Hal itu bisa jadi karena aplikasi yang kamu pakai merupakan versi yang lama sehingga membutuhkan update pembaruan versi untuk meningkatkan kinerja aplikasi. Untuk memperbarui versi aplikasi, kamu dapat pergi menuju Playstore kemudian kamu dapat mengupdate semua aplikasi yang membutuhkan pembaharuan.

5. Matikan aplikasi yang tidak digunakan

Dalam menggunakan ponsel terkadang kamu dapat menggunakan beberapa aplikasi secara bersamaan. Hal itu membuat kinerja ponsel menjadi lebih lambat. Untuk mempercepat kinerja ponsel kamu dapat menutup aplikasi yang sudah tidak digunakan.

6. Restart HP

Merestart HP merupakan jalan yang mudah untuk kamu mengatasi ponsel yang lemot. Kamu cukup tekan tombol Power, kemudian pilih opsi Restart untuk merefresh kinerja HP.

7. Lakukan reset ke setelan pabrik

Jika kapasitas ponselmu telah penuh, pasti kinerja ponsel akan melambat. Hal itu dikarenakan banyaknya aplikasi, file, dan sistem yang tersimpan di ponsel. Untuk mempercepat kinerja ponsel kamu dapat memilih menu reset pabrik di Pengaturan sehingga ponselmu seperti kembali baru. Tetapi sebelum itu kamu harus mencadangkan terlebih dahulu ponselmu. Agar file penting kamu tidak hilang.

Magang: Fahmi

(brl/guf)