5 Hal pertama yang harus dilakukan ketika punya laptop baru

5 Hal pertama yang harus dilakukan ketika punya laptop baru

Techno.id - Mempunyai perangkat laptop baru adalah hal yang sangat menyenangkan. Saat ini laptop sudah menjadi kebutuhan pelengkap yang tak kalah penting dengan kebutuhan-kebutuhan primer lainnya. Laptop dengan spesifikasi medium pun sudah dibanderol dengan harga yang cukup terjangkau.

Saat pertama kali membeli laptop baru, banyak yang tidak mengetahui bahwa ada beberapa hal yang disarankan untuk dilakukan ketika mempunyai laptop baru.

Oleh karena itu techno.id sudah merangkum pada Senin (3/4), hal pertama yang harus dilakukan ketika punya laptop baru, simak ulasannya di bawah ini.

1. Update software Anti Malware

Hampir semua perangkat laptop terbaru sudah mempunyai software Anti Malware yang sudah terinstall sedari awal. Namun tidak ada salahnya untuk mengupdate software tersebut agar mengurangi risiko untuk terserang malware-malware terbaru.

2. Instal sistem operasi Windows terbaru

Terkadang laptop yang baru saja dibeli belum tentu mempunyai sistem operasi Windows terupdate. Sebaiknya cek terlebih dahulu apakah sistem operasi Windows di laptopmu, jika masih menggunakan Windows versi lama, cobalah untuk mengupdate versi terbarunya. Dengan menginstal Windows versi terbaru dapat membantu mengoptimalkan kerja laptop dan perangkat-perangkat lunaknya.

3. Instal software pemulihan file

Mimpi buruk setiap orang adalah ketika file yang ada di laptopnya ter-reset secara keseluruhan. Menyebabkan data-data yang tersimpan di laptop lenyap tak bersisa. Untuk menghindari hal ini, sebaiknya sedari awal membeli laptop pasanglah software pemulihan file. Banyak software pemulihan file yang bisa didownload dengan cuma-cuma seperti, Recuva, Puran File Recovery, Disk Drill, dan masih banyak lagi.

4. Daftarkan akun email ke penyimpanan Cloud

Beberapa penyimpanan Cloud dapat dijadwalkan untuk membackup data secara otomatis. Cobalah gunakan penyimpanan Cloud yang disediakan oleh Microsoft karena biasanya langsung terintegrasi dengan sistem Windows di laptop.

5. Uninstall software yang tidak diinginkan

Terakhir adalah menguninstall software yang tidak diinginkan. Biasanya di laptop baru sudah terinstall banyak software-software dari yang penting sampai yang tidak terlalu penting. Coba perhatikan software-software yang ada di dalam laptop barumu dan eliminasi yang kira-kira tidak terlalu diperlukan agar menyisakan ruang untuk software-software yang lebih dibutuhkan.

Magang: Millenia Rizki Ramadita

(brl/guf)