Google: Android Marshmallow tak dukung Nexus 7, 4, dan 10

Google: Android Marshmallow tak dukung Nexus 7, 4, dan 10

Techno.id - Untuk yang pertama kalinya, Android 6.0 Marshmallow sebentar lagi akan hadir di Nexus 5X dan Nexus 6P. Pertanyaannya, apakah sistem operasi besutan Google itu mendukung produk-produk Nexus versi lama khususnya besutan tahun 2012?

Ternyata, jawabannya adalah tidak. Sebagaimana dikutip dari Ars Technica (29/09), Google mengatakan jika Marshmallow tidak akan mendukung perangkat Nexus versi lama. Tepatnya, yakni Nexus 7, Nexus 4, dan Nexus 10.

Menurut raksasa internet yang berbasis di Mountain View itu, perangkat buatan tahun 2012 (seperti Nexus 7) memiliki kendala jika dipasangi Marshmallow. Adapun kendala yang dimaksud tak lain adalah sektor hardware yang sudah tergolong usang.

Alhasil, pemilik perangkat besutan 2012 tersebut pada akhirnya hanya akan tetap menerima update patch bulanan dari Google Play. Atau jika setidaknya benar-benar ingin mengusung versi terbaru, maka rekomendasi maksimal adalah Android 5.1 Lollipop.

Lantas, bagaimana dengan Nexus versi lainnya? Menurut Google, perangkat produksi setidaknya satu hingga dua tahun ke bawah (dari tahun 2015) masih mampu menerima Marshmallow. Seperti, Galaxy Nexus, Nexus S, dan Nexus One.

(brl/red)