Facebook Reels dapat hadirkan video kesukaan pengguna, ini cara mudah untuk menerapkannya

Facebook Reels dapat hadirkan video kesukaan pengguna, ini cara mudah untuk menerapkannya

Techno.id - Mete selaku pengembang dari Facebook, Instagram, dan WhatsApp tak henti-hentinya mengeluarkan pembaruan agar pengguna semakin mudah berinteraksi. Kali ini perusahaan besutan Mark Zuckerberg tersebut meluncurkan kontrol baru yang memungkinkan pengguna mengatur Facebook Reels bisa tayang di Feed.

Sebagai informasi, fitur Reels di dalam Facebook dapat menampilkan beragam konten secara acak. Namun berkat update yang dilakukan, konten Reels yang disajikan bakal lebih relevan dengan minat dan kesukaan dari setiap pengguna.

"Kami memperkenalkan kontrol personalisasi baru untuk Reels, yang memungkinkan Anda menyesuaikan apa yang ingin Anda lihat lebih sering atau tidak, sehingga video yang tayang lebih relevan," tulis pihak Facebook melalui laman resmi mereka.

Lantas bagaimana cara agar fitur baru ini dapat bekerja? Berikut techno.id pada Jumat (5/5) sajikan cara mudah memakai fitur Reels Facebook versi terbaru, yang dihimpun dari berbagai sumber.

Fitur ini bisa diakses melalui menu ikon titik tiga pada Facebook Reels yang ada di Feed. Nantinya pengguna akan menemukan opsi "Tampilkan lebih banyak" dan "Tampilkan lebih sedikit", yang bersandingan dengan tools untuk mengatur Facebook Reels.

Facebook Reels dapat hadirkan video kesukaan pengguna, ini cara mudah untuk menerapkannya

foto: Techno.id/ Adnan

Sebagai contoh pengguna tengah suka dengan konten otomotif, maka bisa menekan opsi "Show more/ Tampilkan lebih banyak" untuk mendapatkan konten serupa dengan tema sama secara lebih banyak. Begitu juga dengan sebaliknya, jika pengguna tidak menyukai konten terkait otomotif, silakan tekan opsi "Show less" agar konten serupa dikurangi dari Feed Facebook pengguna.

Menariknya, Meta memberikan opsi lain untuk mengatur opsi tersebut. Pengguna bisa mengurungkan Feed yang disukai dengan menekan opsi "Undo" yang tersedia di tampilan Facebook.

Itulah beberapa penjelasan dan cara menggunakan fitur versi baru di Reels Facebook. Fitur ini memang bakal merubah algoritma dari pemakaian pengguna. Nantinya fitur ini didesain agar mirip dengan platform media lain seperti TikTok, Instagram, dan Short milik YouTube.


(brl/guf)