Dijamin aman dan legal, ini cara mudah membuat materai digital di HP Android dan iPhone

Dijamin aman dan legal, ini cara mudah membuat materai digital di HP Android dan iPhone

Techno.id - Saat ini penggunaan smartphone salah satunya untuk menunjang aktivitas pengguna saat memenuhi kebutuhan kerjanya. Hal ini juga tak lepas dari kecanggihan teknologi yang dimiliki oleh suatu perangkat. Menyimpan berkas, melakukan rapat online, menyelaraskan data, semua bisa dilakukan melalui bantuan smartphone.

Bahkan ketika kamu dikirimi berkas elektronik kemudian diminta untuk menanda tangani, tak perlu repot untuk mencetak ke bentuk fisiknya. Tanda tangan elektronik kini sudah tersedia. Kamu hanya perlu membuat tanda tangan secara langsung pada dokumen atau menyeret file tanda tangan elektronik untuk ditimpah kepada file.

Biasanya ketika menandatangani suatu berkas kamu juga akan diminta menambahkan materai. Kehadiran materai dalam suatu berkas sangatlah penting sebab ia akan berfungsi untuk menunjukkan keabsahan bagi dokumen penting.

Lalu bagaimana ketika dokumen yang perlu kamu kerjakan membutuhkan penempelan materai? Kini tak perlu lagi mencetak dengan membeli materai di toko, cukup modal smartphone dan koneksi internet kamu akan mendapatkan materai digital.

Dilansir techno.id dari berbagai sumber pada Jumat (21/4), berikut cara membuat materai digital di HP Android dan iPhone.

Dijamin aman dan legal, ini cara mudah membuat materai digital di HP Android dan iPhone

foto: emet.id

Untuk dapat melakukannya, kamu terlebih dahulu harus memasang aplikasi dari Play Store atau App Store yang bernama eMet. Aplikasi ini dijamin keamanannya karena telah bermitra dengan Peruri, suatu perusahaan yang mencetak berbagai dokumen atau alat-alat penting kenegaraan. Salah satunya adalah materai.

1. Buka eMet di smartphone, pilih Upload Dokumen

2. Pilih file mana yang ingin kamu berikan materai

3. Setelah itu, pilih e-Materai, kemudian atur posisi sebaik mungkin sesuai kebutuhan

4. Klik lanjutkan di ujung kanan atas layar

5. Selesaikan tahapan dengan melakukan pembayaran, klik Bayar Tagihan


(brl/guf)