Cara update Windows 10 ke Windows 11 dengan aman, tak perlu bawa ke service center

Cara update Windows 10 ke Windows 11 dengan aman, tak perlu bawa ke service center

Techno.id - Laptop dan komputer merupakan perangkat elektronik yang bisa dibilang serupa tapi tak sama. Laptop dengan desain tipis nan ringkas merupakan perangkat yang memiliki mobilitas tinggi. Sedangkan komputer dengan dimensi besar hadir dengan spesifikasi garang.

Namun baik laptop maupun komputer, kedua perangkat elektronik ini dibekali sistem operasi seura yang dikenal dengan nama Windows. Versi Windows pada laptop maupun komputer pada dasarnya sangat beragam. Namun yang sering dijumpai saat ini adalah Windows 10 dan Windows 11.

Bagi pengguna Windows 10 yang sudah lama menjajal fitur pada OS tersebut tentu sudah mulai hafal dengan apa saja yang ada di dalamnya. Maka dari itu, tak jarang banyak orang yang ingin upgrade ke versi Windows 11 agar mendapat pengalaman baru. Sebelum bisa menggunakan Windows 11, proses update tentu perlu dilakukan. Pada dasarnya, proses update Windows 10 ke Windows 11 bisa dilakukan dengan beberapa cara.

Berkenaan dengan pembahasan tersebut, berikut techno.id telah merangkum dari berbagai sumber pada Jumat (23/12), Cara update Windows 10 ke Windows 11 dengan aman.

Cara update Windows 10 ke Windows 11 dengan aman

Pada dasarnya, kamu bisa melakukan update dari Windows 10 ke Windows 11 secara manual dengan dua cara yang disediakan. Semua cara yang ada dijamin aman untuk dicoba karena bersumber dari lisensi Microsoft secara langsung. Perbedaan kedua cara tersebut adalah proses melakukannya. Tak perlu berlama-lama, kamu bisa simak ulasan berikut untuk mulai melakukan update dari Windows 10 ke Windows 11.

1. Cara update Windows 10 ke Windows 11 melalui update otomatis.

Cara update Windows 10 ke Windows 11 dengan aman, tak perlu bawa ke service center

foto: unsplash.com

Cara pertama yang bisa kamu gunakan untuk mengupdate dari Windows 10 ke Windows 11 adalah mengandalkan update otomatis yang disediakan pada setiap laptop dan komputer. Jika kamu menggunakan Windows original, secara otomatis Microsoft akan memberikan update jika sudah waktunya. Untuk mulai mengupdate Windows 10 ke Windows 11 pada laptop maupun komputer, kamu bisa simak ulasan berikut.

1. Masuk ke menu Setting pada laptop maupun komputer kamu.
2. Pilih bagian Update & Security kemudian klik Windows Update lalu Check for Updates.
3. Secara otomatis laptop maupun komputer kamu akan memeriksa apakah ada update yang tersedia pada perangkat tersebut.
4. Jika ada, klik Download and Install lalu tunggu hingga prosesnya selesai.
5. Perlu diingat, kamu wajib memeriksa secara berkala update yang ada karena bisa jadi koneksi internet akan terputus kapan saja.
6. Jika proses update sudah selesai, klik Restart Now untuk mulai menginstal Windows 11 yang telah diunduh.

2. Cara update Windows 10 ke Windows 11 melalui Installation Assistant.

Cara update Windows 10 ke Windows 11 dengan aman, tak perlu bawa ke service center

foto: unsplash.com

Cara lain yang bisa kamu gunakan untuk mengupdate Windows 10 ke Windows 11 adalah memanfaatkan Installation Assistant. Tak perlu khawatir, Installation Assistant merupakan sebuah fitur yang disediakan oleh Microsoft untuk melakukan update ke Windows 11 bagi kamu yang tidak mendapat notifikasi update pada laptop maupun komputer. Bisa dibilang proses update menggunakan Installation Assistant termasuk mudah untuk dilakukan. Kamu bisa simak ulasan berikut untuk mengupdate Windows 10 ke Windows 11 dengan memanfaatkan Installation Assistant.

1. Buka browser laptop maupun komputer kamu kemudian buka https://www.microsoft.com/en-us/software-download/windows11.
2. Secara otomatis laptop maupun komputer kamu akan diarahkan ke website resmi Microsoft untuk mendownload Installation Assistant.
3. Klik Download Now lalu tunggu hingga prosesnya selesai.
4. Setelah proses download selesai, buka file aplikasi tersebut kemudian klik Accept and Install pada bagian Install Windows 11.
5. Tunggu hingga proses download selesai.
6. Setelah proses download selesai, klik Restart Now.


(brl/guf)