Cara streaming film dari PC ke ponsel Android menggunakan Chrome Remote Desktop

Cara streaming film dari PC ke ponsel Android menggunakan Chrome Remote Desktop

Techno.id - Umumnya orang akan menonton streaming langsung pada ponsel. Namun ada kalanya mereka ingin menyaksikan streaming dari perangkat dengan layar yang lebih besar seperti PC atau smart TV.

Saat ini memproyeksikan video secara digital dari ponsel ke sumber lain sudah menjadi fitur bawaan baik di perangkat dengan sistem operasi iOS maupun Android. Tapi bagaimana jika sebaliknya.

Menyaksikan streaming dari PC atau smart TV ke ponsel Android. Sebab, beberapa pengguna beranggapan akan lebih baik menonton video secara nirkabel dari PC ke ponsel Android daripada streaming langsung melalui ponsel itu sendiri dengan koneksi internet.

Nah untuk melakukannya dibutuhkan sedikit usaha. Sebab setidaknya kamu perlu mengunduh dan menginstal aplikasi seperti Chrome Remote Desktop. Ini hanyalah salah satu contoh dari banyak aplikasi lain yang mengklaim menawarkan fitur serupa.

Namun jika kamu berencana memasang aplikasi lain untuk melakukan streaming dari PC ke ponsel Android, pastikan aplikasi tersebut berasal dari sumber tepercaya atau kamu bisa memverifikasi keabsahannya. Jika tidak, akan berisiko secara tidak sengaja memasukkan malware ke dalam perangkat.

Nah selain memasang Chrome Remote Desktop di ponsel Android, kamu juga perlu memastikan PC dan ponsel terhubung ke jaringan Wi-Fi yang sama. Kalau sudah, begini cara streaming film dari PC ke ponsel Android.

Cara streaming film dari PC ke ponsel Android menggunakan Chrome Remote Desktop foto: unsplash/alvaro reyes

1. Buka browser web Chrome di PC dan ketik remotedesktop.google.com/support pada bilah alamat, lalu tekan Enter.

2. Temukan bagian Dapatkan Dukungan dan klik Unduh, lalu ikuti petunjuk di layar.

3. Setelah Chrome Remote Desktop terinstal, pilih Buat Kode untuk membuat kode unik khusus untuk menghubungkan ke PC kamu.

4. Buka Chrome Remote Desktop di ponsel kamu dan ketuk tombol Menu.

5. Pilih Akses Jarak Jauh, lalu pilih PC kamu dari daftar titik koneksi.

6. Masukkan kode yang dibuat untuk PC kamu saat diminta, lalu ketuk ikon panah untuk melanjutkan.

7. Setelah terhubung, kamu dapat mengakses PC dari jarak jauh melalui ponsel, dan semua yang kamu lihat di monitor akan muncul di perangkat yang lebih kecil. Cukup buka file video yang ingin kamu tonton atau navigasikan dan masuk ke layanan streaming, lalu kamu bisa mulai menonton.

(brl/red)