Cara simpel mengamankan akun Twitter dengan 2FA, tak perlu pakai biaya

Cara simpel mengamankan akun Twitter dengan 2FA, tak perlu pakai biaya

Techno.id - Keamanan dalam dunia siber memang cukup penting diperhatikan oleh semua pihak, baik itu pengembang maupun pengguna. Berangkat dari tingkat keamanan dari sebuah platform yang semakin tinggi, maka Twitter tidak lagi menggratiskan fitur autentikasi dua faktor atau 2FA. Fitur ini akan menjadi opsi eksklusif untuk pengguna Twitter Blue secara global.

Melalui pengumuman resminya, Twitter menjelaskan bahwa hanya pelanggan Twitter Blue yang telah membayar biaya langganan sebesar Rp 120 ribu per bulan atau Rp 165 per bulan yang bisa memakai 2FA berbasis SMS. Tentu fitur ini sudah tersedia baik bagi pengguna Android maupun iOS.

Lantas bagaimana kinerja dari sistem keamanan berbayar milik Twitter dan cara menggunakannya tanpa biaya? Berikut techno.id sajikan cara mengamankan akun Twitter dengan 2FA tanpa biaya, yang dihimpun dari berbagai sumber pada Kamis (23/2).

Sebagai informasi, pengguna Twitter tetap bisa login tanpa 2FA dengan username dan password yang dimiliki. Namun sistem 2FA menjadi lapisan keamanan tingkat lanjut dengan tujuan mengamankan akun. Fitur ini sangat cocok bagi pengguna yang memiliki kata sandi mudah ditebak.

Twitter meluncurkan fitur keamanan bukan tanpa alasan. Seperti diketahui, hacker mempunyai segudang cara untuk melancarkan aksi jahatnya. Mereka para peretas dapat dengan mudah melancarkan serangan SIM swap. Namun 2FA via SMS memberikan perlindungan yang lebih kuat ketimbang pengguna tidak mengaktifkannya sama sekali.

Kendati demikian, ternyata ada metode lain selain 2FA melalui SMS agar akun tetap aman. Hal ini berguna bagi para pengguna Twitter yang tidak berlangganan Twitter Blue, dan masih ingin melindungi akun Twitternya. Yuk, simak penjelasan berikut ini.

(brl/guf)