Cara sederhana pakai Google Maps untuk menghindari macet saat libur Lebaran, pahami tandanya

Cara sederhana pakai Google Maps untuk menghindari macet saat libur Lebaran, pahami tandanya

Techno.id - Momen libur Lebaran identik dengan kemacetan. Pasalnya moda transportasi darat menjadi pilihanmasyarakatberkunjung ke sanak saudara atau tempat wisata. Tidak menutup kemungkinan di beberapa titik akan ada kemacetan.

Beruntungnya ada sebuah platform untuk menghindari kemacetan. Ya, aplikasi yang dimaksud adalah Google Maps. Bagi pengguna smartphone khususnya Android sudah tidak asing lagi dengan platform peta digital ini.

Ada beragam fitur bisa digunakan pengguna agar perjalanan tetap terasa nyaman dan aman. Mulai dari informasi rute, titik rest area, sampai cek kondisi jalan ada di Maps.

Lantas bagaimana cara menggunakan Google Maps agar tidak terjebak macet di jalan pas mudik Lebaran? Berikuttechno.idmenyajikan langkah-langkah agar terhindar dari kemacetan, cukup menggunakan aplikasi Google Maps saja.

Cara sederhana pakai Google Maps untuk menghindari macet saat libur Lebaran, pahami tandanya foto: pexels.com

1. Buka aplikasi Google Maps di smartphone atau akses melalui websitedi browser.

2. Masukkan kampung halaman yang ingin dituju pada kolom pencarian.

3. Setelah alamat tujuan terdeteksi, pilih ikon mobil yang berada di sisi kanan atas layar untuk memunculkan pilihan mode transportasi.

4. Pilih mode transportasi yang diinginkan, misalnya mobil pribadi, transportasi umum, atau motor.

5. Setelah memilih mode transportasi, Google Maps akan menampilkan rute tercepat untuk mencapai tujuan.

6. Pada tampilan rute, pilih opsi Pilihan rute untuk melihat rute alternatif yang mungkin lebih lancar atau memiliki kemungkinan kemacetan yang lebih rendah.

7. Selain itu, Google Maps juga menyediakan fitur informasi lalu lintas yang menampilkan kondisi lalu lintas saat ini pada rute yang dipilih. Hal ini bisa membantu pengguna memilih rute yang terhindar dari kemacetan.

8. Selama dalam perjalanan, pengguna juga dapat mengaktifkan fitur notifikasi lalu lintas di Google Maps untuk mendapatkan informasi terbaru tentang kemacetan dan rute alternatif yang lebih lancar.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, pengguna dapat menggunakan Google Maps untuk menghindari kemacetan dan mencapai tujuan dengan lebih cepat dan efisien. Sebagai tambahan, Google Maps akan menunjukkan warna merah di bagian garis jalan jika ada kemacetan. Warna kuning untuk menunjukan rute padat merayap. Sedangkan biru menandakan bahwa jalan tengah lancar.

(brl/red)