Cara sederhana membuat alarm kebakaran rumah, hanya berbekal tutup botol saja

Cara sederhana membuat alarm kebakaran rumah, hanya berbekal tutup botol saja

Techno.id - Alarm kebakaran rumah adalah sistem peringatan yang dapat membantu melindungi pengguna dan keluarga dari bahaya kebakaran tak terduga. Sistem alarm kebakaran ini terdiri dari sensor dan alat pemicu bisa mendeteksi apabila terjadi suhu atau asap melebihi batas normal. Setelah terdeteksi adanya kebakaran, sistem alarm kebakaran akan langsung memicu alarm untuk memberikan peringatan bahaya kebakaran kepada penghuni rumah.

Keuntungan dari memiliki sistem alarm kebakaran rumah adalah pengguna dapat merasa tenang dan terhindar dari bahaya kebakaran bisa terjadi tiba-tiba. Dalam waktu singkat, sistem alarm kebakaran rumah akan memberikan peringatan dini, sehingga sobat dan keluarga dapat segera menyelamatkan diri dan meminta bantuan kepada pihak berwenang.

Alat alarm kebakaran bisa didapatkan melalui toko online maupun offline terdekat. Namun ternyata, kamu juga bisa membuat sebuah alarm peringatan kebakaran, loh sobat. Bahkan, bahan yang dibutuhkan bisa dari tutup botol bekas saja.

Penasaran bagaimana cara membuatnya? Kali ini techno.id menyajikan cara sederhana membuat alarm kebakaran rumah, yang dirangkum dari kanal YouTube Inspirasi Usaha, pada Kamis (2/3).

Bahan yang diperlukan:

- Lampu led 3volt 3mm warna hijau
- Photo dioda 5 mm
- Transistor bc547
- Baterai 3volt
- Buzzer sfm 27
- Kabel
- Tutup botol


(brl/guf)