Cara screenshot laptop Windows 7 hingga 11 dan melihat hasilnya, mudah

Cara screenshot laptop Windows 7 hingga 11 dan melihat hasilnya, mudah

Techno.id - Laptop merupakan sebuah alat kerja yang memiliki banyak kegunaan. Tidak hanya bisa menyelesaikan tugas, laptop juga memiliki fungsi lain seperti akses hiburan, mencari sumber informasi, serta sarana komunikasi dengan bantuan beberapa aplikasi.

Pada dasarnya, banyak orang memilih laptop tak lain karena kemudahan pemakaian. Desain ramping dan ringan membuat perangkat ini menjadi salah satu pilihan paling bijak bagi orang yang gemar bepergian ke banyak lokasi. Tak hanya itu, kemudahan penggunaan fitur pada laptop juga membuat perangkat ini selalu dilirik.

Salah satu fitur yang tentu memiliki banyak fungsi adalah screenshot. Fungsi dari screenshot sendiri tak lain sebagai sarana penangkap gambar. Dengan dilakukannya screenshot, beberapa data penting bisa diubah menjadi gambar dengan mudah. Namun seperti yang telah diketahui, Windows memiliki beberapa versi mulai dari 7 hingga 11.

Setiap cara yang diperlukan untuk melakukan screenshot pada beberapa seri Windows tersebut tentu berbeda. Berkenaan dengan pembahasan tersebut, berikut techno.id telah merangkum dari berbagai sumber pada Rabu (16/11), cara screenshot laptop Windows 7 hingga 11 dan melihat hasilnya.

Cara screenshot laptop Windows 7 hingga 11 dan melihat hasilnya

Saat screenshot pada WIndows 7 hingga 11, tentu ada beberapa perbedaan yang perlu diperhatikan. Pada dasarnya terdapat beberapa aplikasi yang bisa digunakan untuk screenshot pada semua seri Windows pada laptop. Namun ada juga beberapa cara yang bisa dilakukan untuk screenshot pada laptop. Untuk membahas lebih detail mengenai cara tersebut, kamu bisa ikuti langkah berikut.

Cara screenshot laptop Windows 7

Cara screenshot laptop Windows 7 hingga 11 dan melihat hasilnya, mudah

foto: freepik.com

Sebagai versi Windows paling standar, screenshot pada laptop dengan Windows 7 tentu bisa dibilang paling mudah. Pada dasarnya, kamu hanya perlu menggunakan kombinasi Alt + PrtSc untuk screenshot setiap tampilan yang ada pada laptop. Setelah screenshot pada Windows 7, kamu bisa melihat hasilnya pada This PC > Picture > Screenshot. Semua foto yang telah di screenshot akan muncul pada folder yang dituju.

Cara screenshot laptop Windows 8

Cara screenshot laptop Windows 7 hingga 11 dan melihat hasilnya, mudah

foto: pixabay.com

Selain Windows 7 ada juga versi Windows lain yang masih lumayan eksis. Windows 8 merupakan salah satu versi Windows yang terbilang cukup lancar saat digunakan. Untuk screenshot pada Windows 8 pada dasarnya tidak jauh berbeda dengan Windows 7. Hanya saja kombinasi tombol yang diperlukan sedikit berbeda. Kamu bisa screenshot pada Windows 8 menggunakan kombinasi tombol Windows + PrtSc. SEdangkan untuk melihat hasil screenshot yang telah ditangkap, kamu bisa membukanya di This PC > Picture > Screenshot.

Cara screenshot laptop Windows 10

Cara screenshot laptop Windows 7 hingga 11 dan melihat hasilnya, mudah

foto: unsplash.com

Windows 10 merupakan varian Windows yang tidak bisa dibilang lama. Bahkan masih banyak laptop yang menggunakan Windows 10 sebagai sistem operasi utama. Untuk screenshot pada Windows 10, sebenarnya tidak ada bedanya dengan Windows 8. Kamu hanya perlu menekan kombinasi tombol Windows + PrtSc untuk screenshot di setiap laptop yang kamu gunakan. Untuk melihat hasil screenshot yang telah ditangkap, kamu bisa masuk ke This PC > Picture > Screenshot.

Cara screenshot laptop Windows 11

Cara screenshot laptop Windows 7 hingga 11 dan melihat hasilnya, mudah

foto: unsplash.com

Varian Windows paling baru sekaligus terakhir adalah Windows 11. Bisa dibilang jauh berbeda dengan versi sebelumnya, Windows 11 memiliki banyak pembaruan di sana-sini. Tidak hanya segi fitur dan cara penggunaan, Windows 11 juga memiliki keunggulan di bagian screenshoot. Untuk screenshot pada Windows 11, kamu bisa melakukan beberapa cara. Kamu bisa menggunakan kombinasi Windows + Print Screen, Alt + Print Screen, dan Fn + Tombol Windows.

Setelah screenshot pada layar laptop Windows 11, kamu bisa membuka hasilnya pada This PC > Picture > Screenshot.


(brl/guf)