Cara mudah buat nada dering WhatsApp sebut nama, bisa tanpa aplikasi

Cara mudah buat nada dering WhatsApp sebut nama, bisa tanpa aplikasi

Techno.id - Platform komunikasi digital WhatsApp memiliki segudang fitur seru untuk digunakan. Salah satunya WhatsApp atau bisa disingkat WA mempunyai nada dering bawaan khas. Bahkan pengguna bisa mengatur bunyi notifikasi sesuai kesenangannya.

Namun sayangnya nada dering bawaan kadang membuat pengguna merasa bosan. Bahkan sering kali pengguna tidak bisa membedakan mana notifikasi WA dengan pemberitahuan lainnya. Oleh karena itu, ada beberapa cara untuk mengakali agar nada bunyi WA berbeda.

Berkat kecanggihan teknologi, pengguna WhatsApp dapat mengubah nada dering WA dengan mengeluarkan bunyi "nama sendiri". Wah cukup unik bukan. Penasaran seperti apa cara mengatur nada dering tersebut? Kali ini techno.id akan memberikan langkah mudah buat nada dering WhatsApp sebut nama yang dirangkum dari berbagai sumber pada Jumat (11/11).

Sound Of Text ini tentunya sangat cocok bagi para orang tua, untuk memudahkan penggunaan WhatsApp. Tidak hanya Sound Of Text saja, smartphone bagi orang tua juga memiliki pertimbangan tersendiri yang berbeda dengan anak muda. Pertimbangannya lebih mengarah ke mudah digunakan, tahan banting, dan lama digunakan, bukan lagi stylish dan memiliki performa sangat cepat. Yuk cek rekomendasinya.

Sebagai informasi, secara mendasar bunyi sound nama sendiri bisa didapatkan melalui laman Sound of Text. Platform tersebut memiliki layanan untuk mengubah file teks menjadi audio. Pengguna bisa memakai Sound Of Text untuk mengubah sebuah kalimat menjadi sound sesuai keinginan.

Cara buat nada dering WhatsApp sebut nama

Cara mudah buat nada dering WhatsApp sebut nama, bisa tanpa aplikasi

foto: Techno.id/ Adnan

1. Silakan untuk buka peramban melalui smartphone yang digunakan, dan buka situ soundoftext.com
2. Kemudian masukkan teks yang menyebutkan nama sendiri atau sesuai keinginan di kolom yang disediakan.
3. Pilih suara dengan bahasa Indonesia.
4. Setelah itu klik opsi "Submit".
5. Silakan tunggu beberapa saat hingga situs web dapat mengonversi teks menjadi audio.
6. Kemudian unduh audio yang telah terkonversi dengan klik opsi Download.

Instal nada dering

1. Pemasangan audio yang telah diunduh tiap smartphone berbeda-beda. Namun secara mendasar, kamu bisa masuk ke pengaturan.
2. Kemudian pilih pengaturan "Notifikasi & Pusat Kontrol" kemudian pilih opsi "Notifikasi aplikasi"
3. Silakan cari aplikasi WhatsApp kemudian pilih opsi Notifikasi
4. Setelah itu pilih opsi "Suara" dan klik nada dering lokal/
5. Buka opsi File Manager dan pilih audio yang tadi telah diunduh.
6. Ketuk opsi "Terapkan"

Itulah cara untuk memasang nada dering "nama sendiri" di platform WhatsApp. Cukup mudah bukan. Apalagi sobat techno tidak perlu aplikasi dari pihak ketiga. Selamat mencoba.

(brl/guf)