Cara kompres video di laptop dan komputer, kualitas tetap terjaga

Cara kompres video di laptop dan komputer, kualitas tetap terjaga

Techno.id - Video merupakan salah satu jenis media visual yang umum dijumpai. Melalui sebuah video, banyak informasi yang bisa didapatkan. Tak hanya itu, ada juga berbagai video dengan materi konten beragam, mulai konten hiburan hingga edukassi. Bahkan melalui video, bukan tidak mungkin banyak orang menghasilkan uang dengan mudah.

Saat proses pembuatan sebuah video, tentu terjadi serangkaian urutan mulai dari perekaman, editing, hingga hasil akhir yang bisa dinikmati banyak orang. Kualitas dan ukuran video penting untuk diperhatikan. Video durassi 10 menit bisa memiliki ukuran hingga 1 GB atau bahkan lebih.

Masalahnya, dengan ukuran tersebut tentu proses download maupun upload video di berbagai aplikasi menjadi lebih lama. Tak hanya itu, jika video dengan ukuran tersebut diupload, konsumsi data internet yang diperlukan akan sangat besar. Namun masalah tersebut sudah bisa diatasi dengan mudah. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk kompres ukuran video khususnya di laptop dan komputer. Kualitas dari video tetap terjaga dan bisa ditonton dengan nyaman.

Berkenaan dengan pembahasan tersebut, berikut techno.id telah merangkum dari berbagai sumber pada Senin (14/11), cara kompres video di laptop dan komputer.

Cara kompres video di laptop dan komputer

Cara kompres video di laptop dan komputer, kualitas tetap terjaga

foto: pexels.com

Untuk mengompres video di laptop dan komputer, setidaknya ada tiga cara yang bisa kamu lakukan. Setiap cara yang ada tentu memiliki cara penggunaan dan efektifitas yang berbeda. Namun semua cara yang ada bisa kamu jajal sesuai kebutuhan yang dimiliki. Untuk mulai mengetahui cara mengkompres video menggunakan laptop dan komputer, kamu bisa simak ulasan berikut.

1. Menggunakan aplikasi tambahan

Jika ingin menggunakan cara ini, kamu memerlukan aplikasi tambahan berupa HandBrake. Dengan satu aplikasi ini, kamu bisa mengkompres video dengan mudah dan cepat tanpa mengurangi kualitas sumber utamanya. Agar bisa kompres video menggunakan HandBrake, kamu bisa simak ulasan berikut.

1. Download HandBrake melalui browser laptop yang kamu pakai.
2. Instal aplikasi tersebut sesuai instruksi yang disediakan. ikuti saja panduan yang ada hingga selesai.
3. Setelah berhasil menginstal HandBrake buka aplikasi tersebut kemudian masukkan video yang ingin dikompres dengan mencarinya di Source Selection.
4. Kamu bisa menggunakan preset kompres video yang telah disediakan HandBrake atau mengaturnya secara manual.
5. Jika memilih preset, kamu hanya perlu memilih opsi yang disediakan, namun jika memilih cara manual, kamu perlu melakukan pengaturan sesuai apa yang diinginkan.
6. Setelah mengatur video yang akan dikompres, kamu bisa klik start encode untuk mulai mengkompres video.
7. Tunggu hingga video selesai dikompres. Lama proses kompres video tergantung seberapa besar ukuran file yang kamu miliki.

2. Menggunakan aplikasi bawaan

Cara kedua yang bisa kamu lakukan untuk kompres video pada laptop dan komputer adalah memanfaatkan Video Editor. Cara ini pada dasarnya termasuk sangat sederhana. Namun aplikasi Video Editor hanya tersedia pada Windows seri anyar. Bagi kamu yang sudah menggunakan Windows 11 tidak ada salahnya untuk mencoba cara ini. Jika ingin menggunakan Video Editor untuk mengkompres video, kamu bisa ikuti langkah berikut.

1. Buka aplikasi Video Editor dengan mencarinya di Search bar setiap perangkat.
2. Buat lembar baru dengan klik menu video project.
3. Cari video yang ingin kamu kompres, kemudian drag ke storyboard yang ada di bagian bawah.
4. Untuk mengompres video, kamu hanya perlu klik export dan sesuaikan ulang resolusi video. Dengan demikian, video yang kamu miliki akan terkompres.
5. Tunggu hingga proses kompres selesai. Sama seperti cara sebelumnya, lama tidaknya proses kompres pada Video Editor tergantung ukuran video yang kamu miliki.

3. Menggunakan website

Cara terakhir yang bisa kamu lakukan untuk kompres video pada laptop adalah menggunakan website kompres online. Tak perlu menginstal aplikasi, kamu bisa mengkompres video yang dimiliki dengan mudah. Namun tentu ada sektor lain yang perlu dikorbankan. Kamu perlu menyediakan internet yang kencang dan stabil untuk bisa mengkompres video dengan lancar. Untuk mulai mengkompres video, kamu bisa simak ulasan berikut.

1. Buka website penyedia kompres online seperti FreeConvert.
2. Pilih video yang ingin kamu kompres dengan klik menu Choose File.
3. Kamu bisa mengatur ukuran kompres sesuai kebutuhan yang diinginkan pada bagian bawah website ini.
4. Jika sudah, secara otomatis FreeConvert akan mulai mengkompres video kamu. Tunggu hingga proses kompres video selesai.

Perlu diingat, meski menyediakan layanan kompres gratis, website satu ini memiliki batas ukuran video di angka 1 GB. Jika video yang ingin kamu kompres memiliki ukuran lebih dari 1 GB, maka FreeConvert tidak bisa digunakan untuk mengecilkan ukuran file yang dimiliki.


(brl/guf)