Cara ubah WhatsApp jadi mode siluman, tak bisa dilihat kontak lainnya

Cara ubah WhatsApp jadi mode siluman, tak bisa dilihat kontak lainnya

Techno.id - WhatsApp memang menjadi wadah untuk berkomunikasi secara digital terbesar di dunia termasuk Indonesia. Aplikasi yang kini dikembangkan oleh Meta tersebut mempunyai layanan mudah digunakan. Pengguna bisa melakukan panggilan audio maupun video, mengirimkan pesan melalui chat, sampai menulis sebuah status WhatsApp secara mudah. Fitur tersebut menjadi menu utama WhatsApp yang dipakai setiap harinya.

WhatsApp menjadi media untuk mempermudah dalam berkomunikasi dengan seseorang. Namun meski banyak kemudahan yang diberikan, ada kalanya pengguna membutuhkan privasi lebih. Bahkan beberapa pengguna ingin sekali tidak terdeteksi apakah sedang online ataukah tidak.

Biasanya pengguna membutuhkan sedikit ruang, agar tidak fokus ke WhatsApp. Karena berkat WA pengguna lain menghubungi tanpa batasan waktu dan ruang. Kapan saja seseorang bisa melakukan panggilan atau mengirimkan pesan.

Jika pengguna sedang dalam masa libur, cuti atau sedang istirahat maka hal tersebut bisa mengganggu. Oleh karena itu, pihak developer memberikan fitur agar pengguna dapat menyunting akun tidak bisa terlihat oleh kontak lainnya.

WhatsApp mempunyai fitur untuk menyunting mode siluman. Artinya kontak lain tidak bisa mengetahui apakah sedang online ataukah tidak. Sehingga pemilik akun bisa merasa aman karena mode siluman tersebut.

Lantas bagaimana cara mengatur agar WhatsApp bisa menjadi mode tidak terlihat. Kali ini techno.id telah merangkum cara mudah membuat WhatsApp menjadi mode siluman dari berbagai sumber pada Senin (14/11).

1. Sembunyikan status online.

Cara ubah WhatsApp jadi mode siluman, tak bisa dilihat kontak lainnya

foto: Techno.id/ Adnan

Silakan pengguna mengatur akun agar saat aktif atau WhatsApp dibuka, tidak terlihat online. Langkah ini merupakan realisasi fitur baru yang dikeluarkan oleh Meta. Tentu hal ini sangat membantu pengguna, jika ingin memperoleh privasi lebih. Berikut cara mengaktifkannya:

- Silakan masuk ke dalam aplikasi WhatsApp. Ingat, jangan masuk ke WA orang lain ya sobat techno.
- Selanjutnya masuk ke menu pengaturan.
- Setelah itu pilih opsi akun.
- Masuk ke opsi Privasi.
- Silakan pilih fitur Terakhir dilihat dan Online.
- Terakhir tinggal pilih Tidak ada di bagian Terakhir dilihat dan Sama seperti status terakhir dilihat di bagian Online.

2. Mematikan centang biru.

Cara ubah WhatsApp jadi mode siluman, tak bisa dilihat kontak lainnya

foto: Techno.id/ Adnan

Seperti diketahui, centang dengan warna biru adalah tanda pengguna sudah membaca pesan. Namun pengguna bisa mengatur untuk fitur tersebut dapat dimatikan. Hasilnya apabila pengguna telah membaca pesan, maka tidak akan muncul centang biru. Begitu juga dengan sebaliknya. Berikut cara menyunting fitur tersebut:

- Silakan masuk ke pengaturan dalam WhatsApp. Jangan masuk ke chatnya mantan ya sobat techno.
- Kemudian pilih opsi Privasi.
- Setelah itu geser toggle di bagian Laporan dibaca ke kiri atau menjadi abu-abu.
- Secara otomatis fitur tersebut akan aktif, dan pengguna tidak bisa mengirim atau menerima Laporan dibaca.

3. Pasang status offline.

Pengguna bisa mengatur status dalam menu Info atau About di bawah foto profil baris kedua. Sobat techno bisa menuliskan "Sibuk", "Sedang bekerja", "Sleeping" dan lainnya, yang jelas menggambarkan jika akun tidak aktif. Apabila ingin lebih tegas, bisa menuliskan "Cuti", atau "Off".

Itulah berbagai cara mengubah agar WhatsApp masuk dalam mode siluman. Namun hal tersebut bisa dilakukan jika diperlukan saja ya sobat. Karena tentu ada beberapa kontak yang ingin mengetahui informasi pesan telah dibaca atau belum, terutama orang tua. Selamat mencoba!


(brl/guf)