Apple TV 4K dengan chipset A15 Bionic rilis, ini spek lengkapnya

Apple TV 4K dengan chipset A15 Bionic rilis, ini spek lengkapnya

Techno.id - Apple merupakan sebuah perusahaan raksasa yang memproduksi berbagai barang elektronik. Produk keluaran Apple kian melambung tidak hanya di pasar global. Perusahaan asal Los Altos, California tersebut selalu berhasil menyuguhkan produk dengan kualitas jempolan.

Termasuk barang anyar mereka yaitu Apple TV 4K. Sebuah media receiver yang bisa digunakan untuk membuat tampilan TV setiap pengguna menjadi lebih jernih dan memiliki beragam channel ini merupakan barang baru yang belum lama dirilis Apple.

Usut punya usut, Apple TV 4K hadir dengan chipset A15 Bionic yang disisipkan pada produk iPhone mereka tahun lalu. Dengan chipset tersebut, Apple TV 4K tentu tak hanya mampu menghasilkan gambar dengan kualitas unggulan, namun juga suara yang sedap didengarkan.

Berkenaan dengan produk anyar tersebut, berikut techno.id telah merangkum dari berbagai sumber pada Jumat (21/10), spesifikasi lengkap dan harga dari Apple TV 4K.

Spesifikasi Apple TV 4K

Apple TV 4K dengan chipset A15 Bionic rilis, ini spek lengkapnya

foto: apple.com

Apple TV 4K merupakan sebuah receiver yang membuat tampilan TV di rumah setiap pengguna menjadi lebih jelas dan nyaman dipandang. Dalam peluncurannya, Apple TV 4K akan hadir dalam dua versi yakni Apple TV 4K (Wi-Fi) dan Apple TV 4K (Wi-Fi + Ethernet). Kedua varian ini memiliki spesifikasi yang sedikit berbeda selain koneksi tentunya.

Apple TV 4K (Wi-Fi) akan hadir dengan storage di angka 64 GB. Sedangkan varian Apple TV 4K (Wi-Fi + Ethernet) memiliki penyimpanan internal di angka 128 GB yang bisa digunakan untuk menyimpan aplikasi maupun game. Kapasitas yang tidak bisa dibilang kecil pada kedua varian ini memberikan kenyamanan bagi setiap pengguna Apple TV 4K. Terlebih Apple menghadirkan chipset garang yang dipasangkan pada iPhone mereka.

Apple TV 4K dengan chipset A15 Bionic rilis, ini spek lengkapnya

foto: apple.com

Melansir dari website resminya, Apple TV 4K akan memboyong chipset A15 Bionic baik di seri Wi-Fi maupun Wi-Fi + Ethernet. Performa CPU yang ditawarkan oleh A15 Bionic pada Apple TV 4K diklaim mengalami peningkatan sebesar 50% dibanding generasi sebelumnya. Sedangkan untuk performa GPU, Apple mengklaim bahwa terdapat kenaikan 30% pada Apple TV 4K jika dibanding generasi sebelumnya.

Kenaikan performa ini tentu membuat pengguna Apple TV 4K bisa mengoperasikan receiver satu ini dengan lancar. Buka tutup banyak channel bisa dilakukan dengan mudah. Tak hanya itu, pada versi Wi-Fi + Ethernet yang dijanjikan bisa untuk menyimpan game dan aplikasi, setiap pengguna bisa mengoperasikan software tersebut dengan lancar pada Apple TV 4K.

Apple TV 4K dengan chipset A15 Bionic rilis, ini spek lengkapnya

foto: apple.com

Tidak hanya kencang dan lancar saat digunakan Apple TV 4K juga sudah dibekali HDR10+serta Dolby Vision. Dua fitur utama ini lebih dari mampu untuk menampilkan gambar dengan kualitas terbaik. Tak hanya unggul di sektor visual, Apple TV 4K juga dibekali Dolby Atmos, Dolby Digital 7.1, atau Dolby Digital 5.1 surround yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan untuk mendengarkan audio dengan kualitas home theater.

Dukungan di sektor visual maupun audio nampaknya belum cukup untuk memanjakan setiap pengguna Apple TV 4K. Nyatanya Apple memberikan Siri Remote yang bisa digunakan untuk mengoperasikan Apple TV 4K dengan mudah. a touch-enabled clickpad yang ada pada Siri Remote akan terasa nyaman dan empuk ketika ditekan untuk memindah saluran yang sedang disaksikan.

Apple TV 4K dengan chipset A15 Bionic rilis, ini spek lengkapnya

foto: apple.com

Bicara soal saluran, Apple TV 4K dibekali dengan tvOS 16 yang mendapatkan banyak perubahan. Dengan tvOS 16, setiap pengguna bisa dengan mudah mencari referensi film jika bingung ingin menonton apa hanya dengan mengucapkan "Hey Siri, What should I watch?". DEngan kecanggihan ini, menonton film tentu menjadi semakin menyenangkan.

Tidak hanya itu, tvOS 16 juga telah tersinkronisasi dengan award-winning series and films pada Apple TV+ dengan jumlah lebih dari 100,000 film yang bisa dibeli maupun disewa sesuai keinginan. Belum cukup, tvOS 16 pada Apple TV 4K juga bisa digunakan untuk mengakses Apple Music yang menawarkan lebih dari 100,000 musik, Apple Arcade untuk bermain game, serta Apple Fitness+ yang menawarkan pelatihan untuk memandu kegiatan olahraga setiap pengguna Apple TV 4K.

Apple TV 4K dengan chipset A15 Bionic rilis, ini spek lengkapnya

foto: apple.com

Selain memiliki keunggulan di sektor konten audio maupun visual, program yang ditawarkan, serta kecanggihan remote bawaan, Apple TV 4K juga memiliki nilai plus di sektor keamanan. Dengan Apple TV 4K, setiap pengguna bisa menghubungkan kamera cctv yang dipasang di rumahnya. Apple TV 4K mampu menangkap momen penting seperti mendeteksi orang, hewan, kendaraan, serta pengantar paket. Dengan sistem keamanan tersebut, setiap pengguna tentu tidak perlu khawatir akan keamanan rumah mereka.

Dilansir dari website resminya, Apple TV 4K akan diluncurkan perdana pada 4 November mendatang yang bisa dibeli melalui App Store. Harga yang dibanderol untuk Apple TV 4K mulai dari $129 atau jika dirupiahkan setara Rp 2 jutaan lengkap dengan Siri Remote. Perlu diingat, harga untuk Apple TV 4K saat peluncurannya merupakan versi global. Ada kemungkinan ketika perbedaan harga untuk versi Indonesia.


(brl/guf)