Cara menghidupkan laptop tanpa tombol power, bisa jadi alternatif

Cara menghidupkan laptop tanpa tombol power, bisa jadi alternatif

Techno.id - Laptop merupakan salah satu barang elektronik yang memiliki beragam fungsi. Tak hanya bisa digunakan untuk menyelesaikan pekerjaan, laptop juga bisa digunakan sebagai alat pencari hiburan maupun sumber informasi. Selain multifungsi, penggunaan laptop juga cenderung mudah dan ringkas. Laptop mudah disimpan karena perangkat ini memiliki dimensi yang bisa dibilang ringkas.

Namun layaknya sebuah barang elektronik, tentu selama menggunakan laptop ada saja masalah yang dihadapi. Salah satu masalah yang bisa membuat pengguna laptop tak bisa tidur nyenyak adalah kerusakan pada tombol power. Bisa diibaratkan tombol power merupakan separuh nyawa dari sebuah laptop.

Melalui tombol tersebut, laptop yang dimiliki bisa dinyalakan untuk kemudian dioperasikan. Maka masalah pada tombol power menjadi serius untuk ditanggapi ketika perangkat tersebut mengalami kerusakan.

Tak perlu khawatir, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menyalakan laptop ketika perangkat tersebut mengalami kerusakan pada tombol power.

Berkenaan dengan pembahasan tersebut, berikut techno.id telah merangkum dari berbagai sumber pada Jumat (21/10) cara menghidupkan laptop tanpa tombol power.

Cara menghidupkan laptop tanpa tombol power

Cara menghidupkan laptop tanpa tombol power, bisa jadi alternatif

foto: unsplash.com

Untuk menyalakan laptop tanpa tombol power, ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Namun perlu diingat, cara ini memerlukan keahlian dan ketelitian. Kamu tidak bisa sembarangan menjajal cara yang ada terlebih tanpa persiapan. Untuk mulai mencoba menyalakan laptop tanpa tombol power, kamu bisa simak penjelasan berikut.

1. Menghidupkan laptop melalui teknik jumper

Cara ini bisa kamu lakukan dengan cukup mudah. Namun sebelum melakukan jumper, kamu perlu menyiapkan alat dengan material metal atau sejenisnya yang merupakan konduktor. Untuk menggunakan teknik jumper, kamu bisa simak ulasan berikut.
1. Buka laptop yang dimiliki kemudian melepas soket tombol power yang ada.
2. Akan ada tiga atau enam pin sesuai jenis laptop yang digunakan.
3. Hubungkan setiap pin yang ada menggunakan konduktor yang telah disiapkan sebelumnya.
4. Setelah semua soket terhubung, secara otomatis laptop kamu akan menyala.

2. Menghidupkan laptop melalui baterai

Cara ini bisa dibilang termasuk aman untuk dilakukan. Tidak hanya aman, cara satu ini juga tergolong cukup mudah. Kamu hanya perlu melepas konektor baterai dari laptop kemudian menghubungkan sumber pengisi daya pada laptop yang kamu miliki. Dalam keadaan baterai terlepas, laptop kamu akan menyala dengan sendirinya. Setelah laptop berhasil menyala, kamu bisa pasangkan lagi baterai yang telah dilepas sebelumnya.

3. Menghidupkan laptop melalui BIOS

BIOS atau yang merupakan singkatan dari Basic Input/Output System merupakan sebuah induk dari sistem pada laptop. Tak kalah mudahnya, kamu hanya perlu memasukkan sim ejector pada lubang BIOS yang biasanya ada di sebelah kiri body laptop. Secara otomatis laptop kamu akan menyala dan memasuki mode BIOS. Agar bisa digunakan secara normal, kamu hanya perlu masuk ke menu Save and Exit, secara otomatis laptop kamu akan menyala dengan normal.


(brl/guf)