Cara mudah mengaktifkan dan mematikan pemberitahuan push di iPhone

Cara mudah mengaktifkan dan mematikan pemberitahuan push di iPhone

Techno.id - Berkomunikasi di era digital seperti sekarang ini sangat mudah untuk dilakukan. Adanya teknologi jaringan internet membuat banyak orang bisa berinteraksi secara digital dengan cepat tanpa batasan waktu dan tempat. Selain itu, platform media sosial memiliki power besar untuk dapat memberikan informasi dan interaksi ke semua pengguna gadget.

Ada banyak perangkat bisa digunakan untuk berkomunikasi. Umumnya jenis gadget yang digunakan seseorang adalah smartphone. Ya, ponsel pintar modern banyak membantu seseorang agar terhubung dengan dunia luar secara mudah. Bahkan smartphone memiliki teknologi untuk aktivitas multitasking.

Salah satu brand smartphone cukup populer di dunia adalah iPhone. Ponsel pintar bentukan Apple asal Amerika ini memiliki kapasitas sebagai perangkat premium. Dengan teknologi terkini, iPhone dapat digunakan secara mudah dan cepat untuk mengakses berbagai aplikasi.

Apple sebagai developer utama iPhone memiliki sistem operasi dengan nama iOS. Saat ini OS tersebut mencapai edisi ke 16 atau sering disebut iOS 16. Di dalam OS tersebut, pengguna mendapatkan berbagai fitur menarik yang bisa digunakan. Tentu tujuannya agar pengguna dapat dengan mudah menggunakan perangkat.

Salah satu fitur iPhone yang dimiliki iOS adalah Push Notification atau pemberitahuan push. Fitur tersebut merupakan bawaan dari sistem operasi yang memungkinkan untuk memberikan pemberitahuan tentang informasi tertentu. Biasanya pemberitahuan push digunakan untuk menampilkan pop-up pesan atau notifikasi tentang pemberitaan dari website.

Pemberitahuan push membantu terutama bagi orang dengan aktivitas digital tinggi. Fitur ini dapat dimanfaatkan untuk para pebisnis online, para leader, maupun pekerja dengan intensitas komunikasi tinggi. Akan tetapi beberapa pengguna merasa terganggu dengan adanya push notification. Terlebih seseorang yang sedang ingin bersantai, tentu sangat terganggu dengan adanya pop-up tersebut.

Tapi tenang dulu, bagi kamu pengguna iPhone bisa mengatur pemberitahuan push agar bisa diaktifkan maupun dinonaktifkan. Lalu bagaimana dengan caranya? Dihimpun dari berbagai sumber pad Jumat (21/10), kali ini techno.id akan memberikan cara mudah mengaktifkan dan mematikan pemberitahuan push di iPhone.

Cara mengubah pengaturan pemberitahuan.

1. Silakan buka pengaturan perangkat dengan ikon berbentuk gerigi.
2. Kemudian ketuk opsi Pemberitahuan.

Cara mudah mengaktifkan dan mematikan pemberitahuan push di iPhone

foto: techno.id/ Adnan

3. Pilih bagaimana kamu ingin pemberitahuan ditampilkan di layar Terkunci:
- Hanya melihat jumlah pemberitahuan: Ketuk Jumlah.
- Melihat pemberitahuan yang dikelompokkan ke tumpukan oleh app: Ketuk Tumpukan.
- Melihat petunjuk pemberitahuan di daftar: Ketuk Daftar.

Cara mudah mengaktifkan dan mematikan pemberitahuan push di iPhone

foto: techno.id/ Adnan

5. Kemudian untuk menjadwalkan ringkasan pemberitahuan, ketuk Ringkasan Terjadwal, lalu nyalakan Ringkasan Terjadwal.
6. Selanjutnya untuk memilih kapan ingin melakukan pratinjau pemberitahuan muncul, ketuk Tampilkan Pratinjau, pilih opsi: Selalu, Saat Dibuka, atau Jangan Pernah.

Cara mudah mengaktifkan dan mematikan pemberitahuan push di iPhone

foto: techno.id/ Adnan

7. Pengguna dapat memberikan pengaturan app di bawah Gaya Pemberitahuan, lalu nyalakan atau matikan Izinkan Pemberitahuan.
8. Ketuk Pengelompokan Pemberitahuan, lalu pilih cara yang kamu inginkan untuk mengelompokkan pemberitahuan:
- Otomatis: Pemberitahuan dari app dikelompokkan menurut pengelolaan kriteria di dalam app, seperti menurut topik.
- Menurut App: Semua pemberitahuan dari app dikelompokkan bersama.
- Mati: Matikan pengelompokan.

Cara mengatur dan mematikan pemberitahuan push menurut lokasi.

Fitur ini memungkinkan pengguna mendapatkan notifikasi apabila telah sampai di titik tertentu. Fitur ini dapat digunakan untuk menelpon seseorang jika telah sampai di lokasi. Berikut cara untuk mengatur fitur pemberitahuan tersebut:

1. Silakan bukan menu pengaturan perangkat.
2. Pilih Privasi dan Keamanan.
3. Ketuk di pilihan Layanan Lokasi.
4. Kemudian Nyalakan Lokasi.
5. Ketuk app (jika muncul di daftar), lalu pilih apakah kamu ingin berbagi lokasi saat menggunakan app tersebut.

Itulah beberapa cara mengubah pengaturan pemberitahuan push di ponsel iPhone. Cukup mudah bukan. Perlu dicatat, cara ini bisa dilakukan untuk sistem iOS 16. Selamat mencoba!


(brl/guf)