Cara mudah tingkatkan speed Wi-Fi dari smartphone, bisa langsung di pengaturan

Cara mudah tingkatkan speed Wi-Fi dari smartphone, bisa langsung di pengaturan

Techno.id - Teknologi internet di era digital seperti sekarang ini sangat diperlukan. Semua aspek aktivitas produktif tentu tak bisa jauh-jauh dari internet. Bahkan jika terdapat jaringan internet yang lambat, kegiatan seseorang bisa terganggu.

Lebih lanjut, seseorang bisa mendapatkan akses melalui berbagai cara. Biasanya pengguna mengandalkan paket data seluler yang disediakan provider. Selain itu, pengguna bisa memakai jaringan internet melalui Wi-Fi.

Sebagai informasi, Wi-Fi adalah teknologi jaringan yang menggunakan gelombang radio untuk melakukan transfer data berkecepatan tinggi melalui jarak pendek. Biasanya Wi-Fi digunakan untuk menyediakan akses Internet broadband nirkabel untuk berbagai perangkat.

Artinya, banyak pengguna gadget terutama smartphone memanfaatkan Wi-Fi agar dapat tersambung dengan internet. Namun pernahkah kamu mengalami kecepatan Wi-Fi begitu lambat? Jika iya, ternyata kamu bisa mengakalinya agar mendapatkan kecepatan internet kencang, loh!

Penasaran bagaimana caranya? Berikut techno.id sajikan cara mudah tingkatkan speed Wi-Fi dari smartphone, pada Rabu (25/1).

Cara tingkatkan speed Wi-Fi melalui smartphone.

Cara mudah tingkatkan speed Wi-Fi dari smartphone, bisa langsung di pengaturan

foto: Pexels.com

1. Silakan masuk ke menu pengaturan smartphone yang digunakan.
2. Kemudian masuk ke tools pengaturan Wi-Fi.
3. Ketuk tanda ikon titik tiga, untuk masuk ke setting Wi-Fi.
4. Pilih opsi "Intelligent Wi-Fi".
5. Silakan ketuk opsi "Intelligent Wi-Fi" sampai masuk ke Developer Mode.
6. Setelah itu, masuk ke opsi "Nearby Wi-Fi information".
7. Pengguna akan disediakan informasi terkait Wi-Fi disekitar yang aktif.
8. Kemudian masuk ke opsi "Channel utilization".
9. Silakan lihat Settingan Wi-Fi terbaik untuk router di smartphone kamu, dan atur settingan router sesuai yang direkomendasikan.
10. Viola, secara otomatis kamu mendapatkan jaringan Wi-Fi yang ngebut.

Itulah beberapa cara untuk meningkatkan speed Wi-Fi dari smartphone. Namun perlu dicatat, cara ini bisa dilakukan dengan beberapa smartphone Android Samsung. Untuk ponsel lain mungkin akan sedikit berbeda cara mengaturnya. Selamat mencoba!


(brl/guf)