Cara mematikan laptop hang dengan aman, hindari perangkat korsleting

Cara mematikan laptop hang dengan aman, hindari perangkat korsleting

Techno.id - Laptop merupakan salah satu perangkat yang memiliki banyak fungsi. Tidak hanya bisa digunakan sebagai alat kerja, laptop juga memiliki peran penting lainnya sebagai sarana pencari informasi, akses ke banyak hiburan, serta alat untuk mempermudah pendidikan. Saking banyaknya fungsi dari sebuah laptop, tidak heran jika banyak orang yang membeli laptop untuk dijadikan daily driver.

Kendati demikian, laptop bukanlah sebuah alat yang sempurna. Beberapa kendala tentu kerap kali menghampiri barang elektronik satu ini. Terlebih jika laptop sudah digunakan dalam waktu lama hingga suhu perangkat tersebut mengalami lonjakan yang tinggi. Masalah umum seperti hang tentu bukan hal mustahil untuk terjadi.

Masalahnya, jika sebuah laptop sudah mengalami hang saat sedang dalam kondisi panas, bagaimana cara mematikannya dengan aman? Tentu bukan barang sepele untuk mematikan laptop yang sedang hang tanpa mendapat masalah baru. Perhatian lebih tentu perlu dilakukan saat akan mematikan laptop namun terjadi hang parah.

Berkenaan dengan pembahasan tersebut, berikut techno.id telah merangkum dari berbagai sumber pada Rabu (23/11), cara mematikan laptop yang hang dengan aman.

Cara mematikan laptop yang hang dengan aman

Cara mematikan laptop hang dengan aman, hindari perangkat korsleting

foto: burst.shopify.com

Mematikan laptop yang sedang hang dengan amanbisa dengan beberapa cara. Perlu diingat, cara konvensional seperti masuk ke Start Menu lalu pilih Power dan Shut Down tentu hampir sulit untuk dilakukan. Kamu perlu menggunakan cara lain yang sekiranya akan berhasil. Perlu diketahui, setidaknya ada 4 cara yang bisa kamu gunakan untuk mematikan laptop yang sedang mengalami hang dengan aman.

Tidak ada jaminan semua cara yang ada akan bekerja pada laptop kamu. Namun tidak ada salahnya mencoba beberapa cara yang ada barangkali bisa berhasil pada laptop yang kamu miliki. Untuk mulai menilik cara mematikan laptop yang mengalami hang dengan aman, kamu bisa simak ulasan berikut.

1. Menggunakan kombinasi Alt + F4

Cara pertama yang bias kamu lakukan untuk mematikan laptop yang mengalami hang dengan aman adalah menggunakan kombinasi Alt + F4. Cara ini tentu sangat sederhana karena kamu hanya memerlukan du kombinasi tersebut atau setidaknya 4 dengan tombol arrow dan Enter. Untuk mematikan laptop menggunakan kombinasi Alt + F4, kamu bisa simak ulasan berikut.

1. Tekan kombinasi Alt + F4 secara bersamaan untuk menutup semua aplikasi yang sedang berjalan.
2. Secara otomatis semua aplikasi akan tertutup dengan sempurna.
3. Teken sekali lagi Alt + F4 maka akan muncul pop up untuk mematikan laptop.
4. Kamu bisa memilih opsi mematikan laptop menggunakan tombol panah. Jika sudah tekan Enter.

2. Menggunakan Ctrl + Alt +Del

Tidak jauh berbeda dengan cara sebelumnya, kombinasi Ctrl + Alt +Del juga menjadi solusi ampuh bangi laptop kamu yang mengalami hang. Kamu bisa menggunakan kombinasi ini untuk mematikan laptop tanpa menimbulkan risiko. Agar bisa mematikan laptop yang hang menggunakan Ctrl + Alt +Del, kamu bisa simak ulasan berikut.

1. Pastikan semua aplikasi yang ada di laptop sudah ditutup dengan sempurna.
2. Tekan Ctrl + Alt +Del secara bersamaan hingga muncul pop up pilihan mematikan laptop.
3. Kamu bisa ubah opsi mematikan yang ada pada laptop dengan menggunakan tombol panah.
4. Setelah memilih opsi mematikan laptop, tekan Enter.

3. Menutup langsung layar laptop.

Cara ketiga yang bisa kamu lakukan untuk mematikan laptop yang mengalami hang adalah menutup langsung layar laptop tersebut. Dengan menutup langsung, laptop yang mengalami hang memang tidak akan langsung mati. Namun secara otomatis perangkat tersebut akan di sleep. Biasanya laptop yang mengalami hang kemudian masuk ke mode sleep, akan kembali normal setelah dinyalakan ulang. Saat proses sleep sudah selesai, kamu bisa membuka layar laptop kamu untuk mematikannya secara normal.

4. Menggunakan tombol power

Cara ini menjadi senjata pamungkas yang mungkin bisa kamu coba. Namun perlu diingat, sebelum mematikan laptop menggunakan cara ini, kamu perlu menjajal beberapa cara sebelumnya. Bisa dibilang mematikan laptop dengan menekan tombol power dalam waktu yang lama terkesan kasar. Maka dari itu kamu perlu mencoba beberapa cara sebelumnya barangkali laptop yang kamu miliki bisa dimatikan dengan mudah.


(brl/guf)