Cara mudah mengatasi layar smartphone menjadi hijau, yuk ketahui penyebabnya

Cara mudah mengatasi layar smartphone menjadi hijau, yuk ketahui penyebabnya

Techno.id - Berkat perkembangan teknologi panel display, saat ini hampir semua smartphone menggunakan kecanggihan layar touchscreen. Layar sentuh yang dipasang dalam sebuah smartphone tentu membantu mempermudah sistem navigasi, dan memberikan tampilan lebih nyaman. Bahkan berkat teknologi touchscreen, membuat kepraktisan dalam penggunaan perangkat.

Meski ada banyak keuntungan dalam penggunaan panel display, masih ada kekurangan yang dapat muncul. Salah satu masalah sering terjadi, terutama bagi pengguna Android adalah layar tiba-tiba berubah menjadi hijau. Akibatnya pengguna akan terganggu dan tidak maksimal dalam pemakaian smartphone karena layar tertutup cahaya hijau.

Layar smartphone yang berubah menjadi hijau memiliki dua faktor penyebab. Pertama masalah bisa timbul dari sistem software perangkat. Kemudian layar error menjadi hijau juga dapat muncul karena kerusakan dalam part hardware.

Apabila sobat techno mengalami layar ponsel berubah menjadi hijau, jangan panik terlebih dahulu. Berikut techno.id sajikan cara mudah mengatasi layar smartphone menjadi hijau yang dirangkum dari berbagai sumber pada Senin (12/12).

Berikut penyebab dan cara mengatasi layar smartphone berubah menjadi hijau:

Error dari software.

Cara mudah mengatasi layar smartphone menjadi hijau, yuk ketahui penyebabnya

foto: pixabay.com

Penyebab dari layar smartphone menjadi hijau bisa dari software perangkat. Biasanya masalah muncul setelah pengguna melakukan pembaharuan sistem operasi. Akan ada garis tau bahkan muncul warna hijau di layar. Jika problem tersebut muncul, silakan lakukan restart perangkat.

Cukup tekan tombol power sampai perangkat mati. Kemudian tunggu beberapa saat, lalu nyalakan ponsel kembali. Silakan ulangi cara yang sama apabila masalah masih muncul. Sebagai catatan, apabila HP panas, tunggu hingga suhu dingin terlebih dahulu, baru dinyalakan kembali.

Error akibat hardware.

Cara mudah mengatasi layar smartphone menjadi hijau, yuk ketahui penyebabnya

foto: pixabay.com

Apabila telah melakukan restart perangkat tidak berhasil, kemungkinan besar masalah layar menjadi hijau muncul akibat hardware yang error. Biasanya part hardware error karena perangkat mengalami jatuh, atau overheating. Selain itu, bisa konektor dari layar ke motherboard renggang.

Jika ternyata kedapatan layar hijau bersumber dari hardware, salah satu cara yang bisa dilakukan hanya membawa perangkat ke service center terdekat. Nantinya smartphone kamu akan diperiksa lebih lanjut, dan diperbaiki secara profesional. Sebagai catatan, apabila kamu tidak mempunyai pengetahuan tentang IT lebih dalam, jangan coba-coba untuk bongkar sendiri, ya. Karena selain bisa menambah kerusakan, garansi yang diberikan bisa hilang.

Itulah beberapa penyebab dan cara mengatasi layar smartphone menjadi hijau secara tiba-tiba. Semoga bermanfaat ya, sobat techno!

(brl/guf)