Cara mengatur kecerahan layar laptop dan komputer, cukup gunakan tombol short

Cara mengatur kecerahan layar laptop dan komputer, cukup gunakan tombol short

Techno.id - Laptop dan komputer merupakan dua perangkat yang sering sekali digunakan oleh banyak orang. Bukan tanpa alasan, kepraktisan laptop dan performa tinggi dari sebuah komputer membuat kedua perangkat tersebut banyak digunakan untuk menggarap aplikasi baik berat maupun ringan. Dengan keunggulan yang dimiliki masing-masing perangkat, tentu tak heran jika benda tersebut banyak dipilih sebagai workstation utama.

Saat mengoperasikan laptop maupun komputer, tentu komponen yang paling sering dipandang adalah layar. Pada sebuah laptop, layar jelas tertanam pada body yang digunakan. Sedangkan komputer memilih menggunakan monitor yang berfungsi sebagai alat penampil gambar.

Pada dasarnya dua hal tersebut termasuk normal. Namun pokok dari dua layar tersebut adalah tingkat kecerahan yang ditampilkan. Tentu akan kurang nyaman jika bekerja menggunakan laptop atau komputer dalam kondisi layar yang tidak proporsional. Kondisi layar yang terlalu redup atau bahkan terang membuat mata lebih cepat merasa lelah.

Namun hal tersebut tentu bisa diatur dengan mudah. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatur kecerahan layar laptop dan komputer agar enak dipandang. Berkenaan dengan bahasan tersebut, berikut techno.id telah merangkum dari berbagai sumber pada Jumat (9/12), cara mengatur kecerahan layar laptop dan komputer.

Cara mengatur kecerahan layar laptop dan komputer.

Cara mengatur kecerahan layar laptop dan komputer, cukup gunakan tombol short

foto: burst.shopify.com

Kecerahan pada layar laptop maupun komputer pada dasarnya bisa disesuaikan dengan kebutuhan yang dimiliki. Mata setiap orang tentu saja memiliki kebutuhan yang berbeda. Penyesuaian yang dilakukan tentu dikhususkan untuk memberikan kenyamanan saat laptop dan komputer tersebut digunakan. Agar layar laptop dan komputer bisa disesuaikan dengan kenyamanan setiap pengguna, kamu bisa simak ulasan berikut.

1. Gunakan tombol function.

Setiap laptop dan komputer tentu memiliki keyboard yang bisa digunakan untuk mengetik. Pada setiap keyboard, tentu ada beberapa tombol yang berfungsi sebagai shortcut.

Shortcut yang ada pada keyboard laptop bisa dimanfaatkan untuk mengatur kecerahan layar laptop. Kamu bisa menggunakan beberapa tombol shortcut seperti Fn + panah kanan atau kiri, Fn + ikon plus dan atau minus, Fn + F1 atau F2 atau hanya tekan F11 dan F12.

2. Manfaatkan fitur search.

Selain menggunakan shortcut keyboard, kamu juga bisa menggunakan kolom pencarian yang ada pada laptop dan komputer. Langkah ini pada dasarnya bisa dibilang sangat sederhana.

Pada dasarnya, kolom pencarian digunakan untuk mencari fitur yang bisa digunakan untuk mengatur kecerahan layar. Untuk mulai mengatur kecerahan layar, kamu bisa simak ulasan berikut.

1. Masuk ke kolom pencarian kemudian ketikkan Brightness.
2. Akan muncul Adjust the brightness level of the display.
3. Scroll ke bawah dan kamu akan menemui Adjust brightness level.
4. Kamu bisa mengatur kecerahan layar sesuai keinginan.

3. Gunakan kombinasi keyboard.

Cara lain yang bisa kamu gunakan untuk mengatur kecerahan layar laptop dan komputer adalah memanfaatkan kombinasi keyboard. Dengan cara ini kamu bisa mengatur kecerahan layar dengan mudah. Kamu hanya perlu menggunakan kombinasi Windows + X untuk mengatur kecerahan layar pada laptop maupun komputer. Untuk mulai menggunakan Windows + X, kamu bisa simak ulasan berikut.

1. Tekan kombinasi Windows + X kemudian akan muncul beberapa opsi menu.
2. Pilih Mobility Center yang muncul pada menu Windows + X.
3. Akan terpampang beberapa pengaturan salah satunya Display brightness.
4. Kamu bisa mengatur tingkat kecerahan layar menggunakan menu tersebut.
5. Jika sudah, kamu bisa klik tanda X saat mengatur sudah selesai.


(brl/tin)