Cara mudah mengatasi Gmail tak dapat menerima pesan, yuk ketahui penyebabnya

Cara mudah mengatasi Gmail tak dapat menerima pesan, yuk ketahui penyebabnya

Techno.id - Pesan elektronik atau email menjadi platform amat penting di era digital seperti sekarang ini. Salah satu aplikasi penyedia email adalah Gmail. Aplikasi bikinan Google ini hampir dipakai oleh semua pengguna gadget di dunia. Baik itu untuk urusan pribadi maupun bisnis.

Melalui Gmail, seseorang dapat mengirimkan pesan, file, maupun tautan secara cepat dan mudah. Bahkan Gmail juga menjadi platform untuk registrasi di aplikasi lain seperti media sosial. Kendati demikian, selayaknya software pada umumnya, Gmail juga dapat mengalami error atau masalah.

Salah satu masalah sering muncul ke pengguna adalah tidak dapat menerima pesan yang dikirimkan. Tentu tidak diterima email akan menjadi masalah besar, karena bisa jadi isi dari email yang tidak masuk tersebut merupakan sebuah tawaran pekerjaan atau bahkan sebuah proyek pekerjaan harus segera diselesaikan.

Sebenarnya ada beberapa penyebab email tidak dapat masuk ke akun Gmail dengan segera. Salah satu penyebab utama selain jaringan internet tak stabil adalah pengaturan Gmail yang keliru. Dapat dikatakan tidak benar karena bisa jadi settingan dari akun Gmail terdapat kesalahan, sehingga email yang masuk tidak dapat diterima.

Bagi sobat techno yang sedang mengalami masalah email tak dapat masuk, penting rasanya untuk memastikan akun Gmail berada di pengaturan dan filter pesan yang sesuai. Dengan begitu email apapun akan selalu masuk di dalam kotak pesan Gmail pengguna.

Lantas bagaimana cara mengatasi email yang tidak masuk? Kali ini, techno.id akan memberikan cara mudah mengatasi Gmail tak dapat menerima pesan yang dirangkum dari berbagai sumber pada Senin (26/12).

1. Cek folder spam.

Cara mudah mengatasi Gmail tak dapat menerima pesan, yuk ketahui penyebabnya

foto: Techno.id/ Adnan

Tidak semua pesan yang masuk ke email dapat terbaca melalui kotak masuk. Bisa saja email tergolong sebagai spam, dan masuk ke folder spam. Terlebih sistem dari Gmail akan mendeteksi secara otomatis apabila terdapat pesan dengan indikasi Spam. Biasanya pesan yang masuk ke dalam spam disebabkan pemilihan kata yang sesuai dengan filter spam.

Untuk mengatasi hal tersebut, pengguna bisa melakukan beberapa langkah berikut ini:

- Silakan buka Gmail melalui perangkat yang digunakan.
- Ketuk pilihan "Laporkan bukan spam" dalam kolom yang telah disediakan.
- Setelah itu, buka Kotak masuk dan pastikan bahwa pesan yang telah dilaporkan adalah bukan spam.

2. Cek koneksi jaringan internet.

Cara mudah mengatasi Gmail tak dapat menerima pesan, yuk ketahui penyebabnya

foto: pixabay.com

Salah satu penyebab email tidak masuk adalah jaringan internet yang tidak stabil. Oleh karena itu, silakan cek apakah pengguna sedang terkoneksi dengan jaringan internet secara maksimal ataukah tidak. Apabila kedapatan tidak ada koneksi internet, silakan perbaiki dengan cara berikut agar koneksi internet kembali tersambung dan stabil:

- Silakan restart ulang koneksi Wifi yang digunakan.
- Jika belum berhasil, coba untuk restart atau mulai ulang perangkat.
- Apabila pengguna memakai router, coba untuk matikan dan nyalakan kembali router yang digunakan.
- Coba cek paket data, apabila kedapatan habis, silakan untuk isi ulang data internet yang digunakan.

3. Cek pengaturan forward.

Cara mudah mengatasi Gmail tak dapat menerima pesan, yuk ketahui penyebabnya

foto: Techno.id/ Adnan

Bagi pengguna tidak ada salahnya untuk memeriksa apakah email yang diterima akan diteruskan ke akun lain ataukah tidak. Karena apabila pengaturan forward menyala, maka bisa saja pengguna lain telah membaca email yang masuk. Untuk mengatasi hal tersebut, silakan lakukan langkah berikut ini:

- Silakan buka menu pengaturan Gmail.
- Pilih opsi Forwarding and POP/MAP.
- Klik opsi Disable Forwarding.

4. Cek kapasitas penyimpanan akun Gmail.

Google memberikan kapasitas sebesar 15 GB untuk penyimpanan pengguna. Apabila pengguna merasa tidak dapat menerima pesan secara maksimal, besar kemungkinan kapasitas ruang digital yang diberikan telah menipis atau bahkan habis. Untuk mengatasinya pengguna bisa menghapus email berukuran besar, hapus file Google Drive tak bisa digunakan, menghapus email lama yang tak dapat digunakan, dan terakhir bisa membeli layanan ruang penyimpanan tambahan.

5. Cek menu sampah.

Fitur sampah di Gmail merupakan folder dimana pesan sudah tidak dibutuhkan atau telah terhapus berada. Folder ini dapat menyimpan file yang akan dihapus selama beberapa waktu. Oleh karena itu, bisa jadi file terbawa ke file sampah karena pengguna tidak sengaja menghapusnya. Pengguna dapat mencari file dengan cara mengetikan kata kunci "in: trash , atau langsung melakukan pencarian di kolom search Gmail.

Itulah beberapa cara mengatasi email yang tidak dapat masuk. Cukup mudah bukan, sobat techno? Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!


(brl/guf)