Cara mudah mempercepat performa smartphone dan tablet Android, maksimalkan opsi pengembang

Cara mudah mempercepat performa smartphone dan tablet Android, maksimalkan opsi pengembang

Techno.id - Smartphone yang berjalan lemot seringkali membuat pengguna stres. Banyak faktor yang membuat performa smartphone menjadi lambat. Bisa karena aplikasi yang terlalu banyak, adanya bug, termasuk disebabkan pembaruan sistem operasi.

Berikut ini Techno.id sajikan cara mempercepat smartphone yang mungkin sedikit terganggu karena pembaruan terbaru. Sebagai catatan, dalam artikel ini, panduan yang disajikan didasarkan pada perangkat Samsung yang menjalankan One UI 3.0 ke atas. Perangkat lain mungkin memiliki opsi input menu yang berbeda dan proses untuk mengakses opsi pengembang mungkin berbeda, tetapi seharusnya kurang lebih sama.

Cara mempercepat perangkat Android

1. Buka Pengaturan dan ketuk Tentang ponsel.

2. Ketuk Informasi perangkat lunak.

3. Ketuk nomor versi tujuh kali dan masukkan PIN, kata sandi, atau pola, saat diminta.

4. Kembali ke menu Pengaturan utama dan gulir ke bawah. Sentuh Opsi pengembang, yang tercantum.

5. Ketuk Skala animasi jendela.

6. Di kotak berikutnya, pilih Skala animasi .5x.

7. Pilih Skala animasi transisi .5x.

8. Pilih Skala durasi animator .5x.

Selesai! Sekarang kamu akan melihat bahwa berpindah antar aplikasi dan membuka atau menutup menu menjadi sangat cepat. Jika kamu ingin kembali ke pengaturan sebelumnya, cukup ketuk Opsi pengembang lalu matikan mode pengembang untuk mengembalikan pengaturan sebelumnya.

Namun yang juga perlu diperhatikan, karena menu pengembang berisi banyak pengaturan lanjutan yang berpotensi menyebabkan masalah pada perangkat, tidak disarankan untuk membuat perubahan pada opsi lain.

(brl/red)