5 Tips efektif yang perlu kamu ketahui untuk menjaga daya tahan baterai smartphone seharian

5 Tips efektif yang perlu kamu ketahui untuk menjaga daya tahan baterai smartphone seharian

Techno.id - Smartphone telah menjadi bagian integral dari kehidupan sehari-hari kita. Tetapi seringkali daya tahan baterai menjadi tantangan utama. Dalam upaya untuk mengatasi permasalahan ini, kita perlu memahami strategi efektif untuk membuat baterai smartphone bertahan sepanjang hari.

Artikel ini akan memberikan panduan praktis dalam bentuk beberapa tips yang dapat membantu kamu mengoptimalkan daya tahan baterai, memastikan koneksi tanpa gangguan sepanjang hari. Berikut Techno.id membagikan 5 tips efektif untuk membuat baterai smartphone tetap hemat seharian, Senin (11/12).

1. Atur kecerahan layar dengan baik

5 Tips efektif yang perlu kamu ketahui untuk menjaga daya tahan baterai smartphone seharian foto: freepik

Kecerahan layar adalah salah satu faktor utama yang memengaruhi daya tahan baterai. Menggunakan otomatisasi kecerahan atau mengatur tingkat kecerahan secara manual sesuai dengan kebutuhan dapat membantu menghindari penggunaan daya berlebihan. Jangan ragu untuk menyesuaikan pengaturan ini agar sesuai dengan kondisi pencahayaan sekitar kamu.

2. Nonaktifkan fitur yang tidak digunakan

5 Tips efektif yang perlu kamu ketahui untuk menjaga daya tahan baterai smartphone seharian foto: freepik/stockking

Fitur-fitur seperti Bluetooth, GPS, Wi-Fi, dan NFC dapat menjadi 'pencuri' daya yang signifikan. Pastikan untuk mematikan fitur-fitur ini ketika tidak digunakan. Hal ini tidak hanya akan membantu menghemat daya baterai, tetapi juga meningkatkan keamanan perangkat kamu.

3. Perbarui aplikasi dan sistem operasi

5 Tips efektif yang perlu kamu ketahui untuk menjaga daya tahan baterai smartphone seharian foto: freepik/wirestock

Jangan abaikan pembaruan perangkat lunak. Pembaruan sering kali mencakup perbaikan kinerja dan efisiensi yang dapat meningkatkan daya tahan baterai. Pastikan semua aplikasi dan sistem operasi di perangkat kamu selalu diperbarui ke versi terbaru.

4. Manfaatkan mode hemat daya

5 Tips efektif yang perlu kamu ketahui untuk menjaga daya tahan baterai smartphone seharian foto: freepik/fantastic studio

Sebagian besar smartphone modern memiliki mode hemat daya yang dapat diaktifkan. Mode ini membatasi beberapa fitur dan performa perangkat untuk mengurangi konsumsi daya. Aktifkan mode hemat daya saat baterai kamu hampir habis atau jika kamu ingin memperpanjang masa pakai baterai tanpa mengorbankan fungsionalitas utama.

5. Batasi sinkronisasi otomatis

5 Tips efektif yang perlu kamu ketahui untuk menjaga daya tahan baterai smartphone seharian foto: freepik/whatwolf

Sinkronisasi otomatis dengan akun email, media sosial, dan aplikasi lainnya dapat memakan banyak daya baterai. Sesuaikan pengaturan sinkronisasi untuk dilakukan secara manual atau tingkatkan interval sinkronisasi agar tidak terjadi terlalu sering. Ini akan membantu mengurangi beban pada baterai.

Dengan menerapkan tips-tips sederhana ini, kamu dapat mengoptimalkan daya tahan baterai smartphone, menjadikan pengalaman penggunaan perangkat lebih efisien dan tanpa khawatir kehabisan daya di tengah hari.

(magang/rama prameswara)

(brl/red)