Cara mudah hapus chat anggota grup WhatsApp, bisa dilakukan admin dan anggota biasa

Cara mudah hapus chat anggota grup WhatsApp, bisa dilakukan admin dan anggota biasa

Techno.id - WhatsApp menjadi media perpesanan sangat digemari pengguna gadget dunia. Ada segudang fitur menarik yang bisa dipakai oleh seseorang untuk berkomunikasi secara asik. Mulai dari chatting dengan emoji, stiker, dan gif, hingga melakukan panggilan video bisa dilakukan secara mudah. Bahkan WhatsApp dapat dipakai untuk mengirimkan berbagai format file secara singkat.

Meta selaku developer dari WhatsApp memberikan berbagai fitur anyar untuk penggunanya. Salah satu fitur menarik adalah Admin Delete. Fitur tersebut dapat menghapus sebuah pesan yang dikirimkan oleh peserta grup. Tentunya pesan dengan kriteria melanggar ketentuan grup dapat langsung dihapus oleh Admin, tanpa seizin pengirim.

Dengan pembaruan WhatsApp terbaru, seorang admin mendapatkan kontrol lebih untuk mengelola grupnya. Selain dari admin, peserta juga dapat menghapus pesan di grup dengan mudah. Namun khusus bagi peserta hanya berlaku untuk dirinya sendiri. Para peserta grup lain tetap dapat melihat isi pesan tersebut.

Kembali ke fitur Admin Delete, tentu banyak pengelola grup masih belum mengetahui tentang bagaimana cara menerapkannya. Oleh karena itu, techno.id akan memberikan cara mudah hapus chat anggota grup WhatsApp yang dirangkum dari berbagai sumber pada Kamis (15/12).

Cara menghapus chat anggota grup WhatsApp oleh admin

Cara mudah hapus chat anggota grup WhatsApp, bisa dilakukan admin dan anggota biasa

foto: Techno.id/ Adnan

1. Syarat agar pengguna bisa menghapus pesan anggota grup yang tidak sesuai ketentuan adalah menjadi admin. Pastikan untuk chat peserta benar-benar telah melanggar peraturan grup, sehingga admin memiliki dasar kuat untuk menghapusnya.

2. Setelah itu, silakan pilih pesan chat yang terindikasi melanggar peraturan.

3. Ketuk pesan beberapa saat, kemudian pengguna akan ditampilkan opsi Star, Reply, Forward, dan Delete.

4. Pilih opsi Delete dengan ikon tempat sampah.

5. Nantinya akan ada pilihan "Hapus untuk semua orang", dan "Hapus untuk saya".

6. Untuk menghapus pesan untuk semua orang, silakan pilih "Hapus untuk semua orang".

7. Sedangkan untuk menghapus untuk diri pribadi, silakan pilih "Hapus untuk saya".

8. Viola, secara otomatis pesan akan terhapus dan meninggalkan informasi kepada anggota dengan tulisan "Pesan ini dihapus oleh Admin"

Itulah beberapa langkah untuk menghapus pesan WhatsApp di dalam grup. Bagi anggota bukan admin, bisa melakukan cara yang sama seperti menghapus chat biasa. Cukup mudah bukan sobat techno? Selamat mencoba!

(brl/guf)