Cara mudah matikan fitur download otomatis di WhatsApp, ruang penyimpanan dan kuota jadi lebih hemat

Cara mudah matikan fitur download otomatis di WhatsApp, ruang penyimpanan dan kuota jadi lebih hemat

Techno.id - WhatsApp menjadi platform komunikasi digital yang mudah untuk digunakan. Ada berbagai fitur dari aplikasi milik Meta tersebut. Hingga saat ini, Meta terus menambahkan dan mengupgrade aplikasi WhatsApp. Tujuannya agar pengguna merasa lebih aman dan nyaman dalam pemakaiannya sehari-hari.

Sejak 2009 silam, WhatsApp mempunyai fitur yang dapat mengirimkan berbagai file. Pengguna bisa berkirim file seperti foto, video, dan dokumen secara mudah. Bahkan jumlah dari file yang dikirim tak dibatasi oleh developer.

Dengan fitur tersebut pengguna akan lebih efisien untuk berkirim file. Namun di sisi lain, ternyata tak selamanya file seperti foto dan video menguntungkan. Ada beberapa konsekuensi dari pemanfaatan fitur tersebut, salah satunya adalah kapasitas ruang penyimpanan berkurang.

Tak dapat dipungkiri, mengunduh file dari WhatsApp tentu membutuhkan memori perangkat. File akan tersimpan di ruang penyimpanan internal. Semakin banyak file terunduh, maka kapasitas ruang juga akan menurun.

Selain itu, melakukan pengunduhan file juga membutuhkan kuota data karena pengunduhan dapat diselesaikan jika kuota data memadai.

Lebih lanjut, WhatsApp memiliki sistem otomatis download untuk penggunaan awal. Oleh karena itu, semua file yang masuk termasuk foto dan video secara otomatis akan terunduh. Akibatnya memori perangkattiba-tiba penuh tanpa disadari oleh pengguna smartphone.

Kendati demikian, fitur download otomatis masih bisa dimatikan lho, sobat techno. Penasaran bagaimana caranya? Yuk ikuti langkah-langkah berikut ini yang dirangkum techno.id dari berbagai sumber pada Selasa (13/12).

Cara mematikan download otomatis di WhatsApp

Cara mudah matikan fitur download otomatis di WhatsApp, ruang penyimpanan dan kuota jadi lebih hemat

foto: Techno.id/ Adnan

1. Silakan buka aplikasi WhatsApp melalui perangkat yang digunakan.
2. Setelah itu masuk ke menu Pengaturan.
3. Kemudian pilih opsi menu Penyimpanan dan Data.
4. Pengguna akan disajikan keterangan Unduh Otomatis Media.
5. Di bagian bawah menu pilihan tersebut terdapat tiga opsi menu pengaturan:
- Saat menggunakan data seluler.
- Unduh otomatis.
- Saat terhubung ke WiFi dan saat Roaming.
6. Untuk mematikan download otomatis, silakan pilih opsi Saat menggunakan data seluler.
7. Selanjutnya, hapus centang di kolom pilihan foto, audio, video, dan dokumen.
8. Lakukan hal yang sama di pilihan menu Saat terhubung ke WiFi dan saat Roaming.
9. Klik Ok di masing-masing opsi yang telah diatur.
10. Viola, download file otomatis di WhatsApp telah dinonaktifkan.

Setelah pengaturan tersebut diterapkan, maka semua jenis media termasuk foto dan video tidak langsung terunduh oleh sistem secara otomatis. Pengguna dapat memilah jenis file apa yang ingin diunduh. Dengan mematikan fitur download otomatis tentu pengguna akan mendapatkan penghematan kuota dan ruang penyimpanan perangkat. Selamat mencoba!


(brl/guf)