Cara mudah membuat akun WhatsApp Bisnis di smartphone, berikut data yang diperlukan

Cara mudah membuat akun WhatsApp Bisnis di smartphone, berikut data yang diperlukan

Techno.id - Semenjak bermunculan platform e-commerce, bisnis online mulai diminati banyak kalangan. Tidak hanya para pendatang baru, namun para pengusaha yang telah malang melintang kini sudah beralih ke cara online untuk menjajakan produknya. Bahkan selama pandemi terjadi beberapa tahun lalu, bisnis online tetap berkembang dan mengalami kenaikan omzet.

Banyak platform yang bisa dipakai untuk melakukan bisnis online termasuk media sosial. Bahkan aplikasi chatting seperti WhatsApp juga dapat menunjang aktivitas bisnis online pengguna. Hingga WhatsApp mempunyai versi khusus yaitu WhatsApp Business.

WhatsApp bisnis merupakan aplikasi layanan pesan yang dibuat khusus untuk para pelaku usaha. Di dalam platform terdapat berbagai fitur yang dapat memudahkan pebisnis dalam melakukan transaksi jual beli dengan konsumennya. Terlebih pengguna WA bisnis juga dapat memberikan katalog barang dagangannya.

WhatsApp bisnis bisa kamu gunakan untuk memperlancar penjualan. Lantas bagaimana cara membuat akun untuk WhatsApp Bisnis? Kali ini techno.id akan memberikan langkah-langkahnya yang dirangkum dari berbagai sumber pada Senin (12/12).

Namun sebelum ke proses, terlebih dahulu siapkan beberapa data. Pengguna yang ingin beralih ke WhatsApp Bisnis bisa menyiapkan data seperti nomor lini kredit untuk pembayaran, kemudian nomor P.O. Selain itu, pengguna juga bisa menyiapkan data katalog yang akan dimasukkan ke akun WhatsApp Bisnis.

Cara membuat akun WhatsApp Bisnis.

Cara mudah membuat akun WhatsApp Bisnis di smartphone, berikut data yang diperlukan

foto: pixabay.com

1. Silakan buka aplikasi WhatsApp Bisnis. Apabila pengguna belum memilikinya, bisa melakukan pengunduhan aplikasi via Google Play Store ataupun App Store.

2. Setelah itu buka pengaturan bisnis di bagian akun WhatsApp Bisnis

3. Lalu, klik 'Tambahkan'

4. Klik 'Buka Akun WhatsApp'

5. Pada bagian tersebut, silakan masukkan dan lakukan langkah berikut:

- Nama akun: Masukkan nama akun WhatsApp bisnis kalian.
Kirim pesan untuk: Kalian bisa memilih apakah ingin membuat akun untuk klien atau diri sendiri.Jika untuk klien maka kalian perlu memasukkan ID Pengelola Bisnis klien yang bisa ditemukan di 'Pengaturan Pengelola Bisnis Klien'. Namun jika untuk diri sendiri, maka pilih 'akun pengelola bisnis Anda sendiri'.
- Zona Waktu: Kalian bisa memilih zona waktu lokasi bisnis yang dimiliki.
- Mata Uang: Pilih mata uang lokal untuk bisnis yang cocok dengan mata uang yang akan digunakan untuk membayar invoice.
- Metode pembayaran (Opsional): Pilih metode pembayaran untuk iklan. Jika kalian belum memiliki lini kredit pembayaran maka kalian bisa menyimpannya terlebih dahulu.
- Nomor P.O. (Opsional): Masukkan nomor pesanan pembelian (P.O.) yang muncul di invoice Anda.
- Kemudian, klik 'Selesai'.

6. Selanjutnya, di bagian Tambahkan Orang dan Atur Izin:

- Cari orang yang ingin kalian tambahkan ke akun dan pilih orang tersebut dari daftar.
- Pilih level izin untuk diterapkan kepada setiap orang. Kalian bisa memilih:
- Akses parsial untuk mengizinkan orang mengelola nomor telepon dan template pesan.
- Kontrol penuh untuk mengizinkan orang mengelola Akun WhatsApp.

7. Terakhir, klik 'Terapkan'

Secara otomatis akun WhatsApp Bisnis telah berhasil dibuat. Nantinya akun tersebut akan dikirimkan ke tim WhatsApp Bisnis untuk ditinjau. Apabila terdapat masalah atau tidak sesuai dengan pedoman komunitas, pengguna akan mendapatkan notifikasi lebih lanjut. Pengguna bisa melakukan pengecekan status akun melalui halaman pengaturan kapan saja.

Kendati status akun WA bisnis masih dalam tahap verifikasi, pengguna tetap dapat mengakses pengelolaan WhatsApp untuk melakukan penyuntingan akun. Kemudian setelah akun disetujui, maka pengguna dapat menambahkan nomor telepon agar dapat berinteraksi dengan konsumen.

Itulah beberapa langkah-langkah dan hal yang bisa dilakukan untuk membuat akun WhatsApp Bisnis. Cukup mudah bukan sobat techno? Sebagai catatan apabila kamu ingin berkirim pesan atas nama bisnis, maka pastikan profil bisnis tersebut telah lengkap dan informatif. Selamat mencoba!


(brl/guf)