Cara mudah buat tulisan tebal, miring, coret, dan monospace di chat WhatsApp

Cara mudah buat tulisan tebal, miring, coret, dan monospace di chat WhatsApp

Techno.id - WhatsApp memiliki berbagai fitur untuk yang dapat dipakai penggunanya setiap hari. Di dalam kolom chatting, pengguna bisa berekspresi dengan memakai fitur emoji, GIF, maupun sticker. Selain itu, chat WA juga dapat berfungsi sebagai pengirim file penting tertentu.

Selain beberapa hal di atas, ternyata tulisan chat di WhatsApp bisa dimodifikasi loh. Pengguna bisa mengubah format huruf menjadi tebal (bold), miring (italic), coret (strikethrough), dan monospace. Perubahan format tersebut tentu dapat membantu memperjelas kalimat pesan yang dikirim.

Perubahan format sangat dibutuhkan dalam kolom chat WhatsApp, terlebih bagi admin atau pelaku bisnis online yang sering mengirimkan pesan broadcast. Lantas bagaimana cara menerapkan perubahan format font dalam pesan WhatsApp?

Pada kesempatan ini Selasa (6/12), techno.id akan memberikan cara mudah buat tulisan tebal, miring, coret, dan monospace di chat WhatsApp yang dirangkum dari berbagai sumber.

Cara mengubah format huruf WhatsApp dengan tanda.

Cara mudah buat tulisan tebal, miring, coret, dan monospace di chat WhatsApp

foto: pixabay.com

1. Cara membuat huruf menjadi miring (italic).

Pengguna bisa menggunakan kode atau tanda underscore (_). Tanda tersebut silakan dijepitkan ke teks yang diinginkan. Sebagai contoh _selamat malam_.

2. Cara membuat huruf tebal (bold)

Pengguna bisa menggunakan tanda atau kode asterix (*). Tanda tersebut silakan apitkan atau diletakkan di posisi depan dan belakang kata. Sebagai contoh *tidak bisa*.

3. Cara membuat huruf coret (strikethrough)

Pengguna bisa menggunakan tanda atau kode underscore tilde (~). Tanda tersebut silakan apitkan atau diletakkan di posisi depan dan belakang kata. Sebagai contoh ~jangan lupa absen~.

4. Cara membuat huruf monospace

Pengguna bisa menggunakan tanda atau kode tiga simbol backticks ('''). Tanda tersebut silakan apitkan atau diletakkan di posisi depan dan belakang kata. Sebagai contoh '''jangan sampai lengah'''.

Format kode tersebut bisa diaplikasikan dalam WhatsApp versi aplikasi maupun web. Selain melalui cara di atas, perubahan format huruf bisa diterapkan tanpa menggunakan kode loh sobat techno. Tentu kamu nggak perlu lagi mengingat kode apa yang perlu digunakan, dan tentu lebih simple menerapkannya.

Cara mengubah format huruf WhatsApp tanpa kode.

Cara mudah buat tulisan tebal, miring, coret, dan monospace di chat WhatsApp

foto: Techno.id/ Adnan

Terdapat shortcut untuk mengubah format huruf yang digunakan. Pengguna bisa melakukan langkah-langkah berikut ini:

1. Silakan buka aplikasi WhatsApp dan masuk ke kolom obrolan chat.
2. Ketik teks atau pesan yang ingin disampaikan seperti biasa.
3. Setelah pesan selesai diketik, blok bagian kata atau kalimat yang akan diubah menjadi format tebal, miring, coret, dan monospace. Pilih atau blok kata dan kalimat dengan cara sentuh dan tahan di kalimat yang diinginkan.
4. Pengguna akan diberikan pop-up menu pilihan. Silakan pilih ikon titik tiga di bagian paling kanan.
5. Nantinya pengguna akan diberikan opsi huruf tebal, miring, coret, dan monospace yang dapat dipilih.
6. Silakan pilih format yang diperlukan.
7. Format kata akan berubah sesuai dengan kebutuhan pengguna.

Itulah beberapa cara untuk mengubah format huruf atau kata dalam chat WhatsApp. Cukup mudah bukan sobat techno. Perlu dicatat, tiap perangkat terdapat sistem berbeda-beda. Apabila tidak ada shortcut yang disediakan, maka bisa memakai kode yang telah diberikan sebelumnya. Selamat mencoba!


tebal, miring, coret, dan monospace WA

(brl/guf)