Cara mudah cek jangkauan wilayah siaran TV digital, ini aplikasinya

Cara mudah cek jangkauan wilayah siaran TV digital, ini aplikasinya

Techno.id - Mulai 2 November 2022 Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) telah resmi mematikan siaran TV analog. Tayangan TV analog dimatikan secara bertahap. Hingga akhirnya nanti masyarakat hanya bisa menikmati tayangan televisi digital saja.

Siaran TV digital memiliki berbagai keunggulan dari TV analog. Hal yang paling menonjol dari penggunaan TV digital adalah channel yang lebih bervariatif. Selain itu, kualitas gambar yang disajikan lebih baik tanpa adanya noise atau gangguan gambar.

Bagi masyarakat yang ingin mengetahui jangkauan siaran digital, bisa menggunakan aplikasi sinyalTVdigital. Aplikasi ini dibuat khusus untuk dapat menunjukkan apakah lokasi pengguna memiliki sinyal TV digital kuat, lemah, maupun tanpa sinyal sekalipun.

Cara mudah cek jangkauan wilayah siaran TV digital, ini aplikasinya

foto: pixabay.com

Platform ini mempunyai berbagai fitur untuk memberikan informasi terkait konten siaran. Lalu bagaimana dengan cara penggunaan aplikasi ini? Dilansir dari techno.id dari berbagai sumber pada Senin (7/11), berikut cara cek jangkauan wilayah siaran TV digital.

Cara menggunakan aplikasi sinyal TV digital.

1. Silakan download aplikasi sinyal TV digital di Play Store untuk pengguna Android dan App Store bagi pemilik perangkat berbasis iOS.
2. Sembari menunggu pengunduhan dan instal aplikasi selesai, pastikan smartphone yang kamu gunakan sudah aktif untuk fitur layanan lokasi.
3. Setelah selesai terpasang, silakan buka aplikasi sinyal TV digital.

Cara mudah cek jangkauan wilayah siaran TV digital, ini aplikasinya

foto: pixabay.com

4. Klik ikon "Bidik" yang berada di sisi tengah bawah. Ikon tersebut berfungsi sebagai pendeteksi lokasi pengguna agar lebih akurat.
5. Kemudian pengguna akan diberikan informasi mengenai lembaga penyiaran multipleksing (MUX) yang menjangkau tempat tinggal pengguna.
6. Klik opsi "See mux detail" untuk melihat informasi detail mengenai sinyal TV digital di wilayah pengguna.
7. Informasi biasa mencakup kekuatan sinyal, jenis layanan, operator mux, frekuensi/channel, dan masih banyak lagi.
8. Biasanya wilayah dengan sinyal kuat maka ditandai dengan warna merah. Apabila berwarna hijau-kuning maka kekuatan sinyal sedang dan abu-abu untuk mengartikan sinyal lemah.

Itulah beberapa cara untuk mengetahui jangkauan siaran TV digital. Cukup mudah bukan. Sobat techno juga bisa mengecek perangkat televisi yang sudah mendukung siaran digital di Tanah Air melalui siaran digital.kominfo.go.id. Selamat mencoba!


(brl/guf)