Cara mudah atur verifikasi dua langkah di WhatsApp, bantu akun WA lebih aman dari hacker

Cara mudah atur verifikasi dua langkah di WhatsApp, bantu akun WA lebih aman dari hacker

Techno.id - Perkembangan dunia teknologi membuahkan hasil positif bagi banyak orang di muka bumi. Namun di sisi lain, terdapat dampak negatif dari perkembangan teknologi. Salah satu hal menjadi momok menakutkan yaitu kejahatan dunia cyber.

Maraknya kejahatan cyber yang menimpa masyarakat membuat pengguna gadget perlu lebih berhati-hati. Terlebih salah satu platform yang sering menjadi alat kejahatan adalah WhatsApp. Tak jarang banyak pengguna WA menjadi korban modus kejahatan cyber yang merugikan.

Kendati demikian, platform yang kini dikembangkan oleh Meta tersebut tetap memberikan fitur keamanan mumpuni. Salah satu sistem pelindung dari WhatsApp adalah verifikasi dua langkah. Namun sungguh disayangkan, ternyata masih banyak pemilik akun WA tidak memanfaatkan bahkan tidak menggunakan sistem perlindungan tersebut.

Fitur verifikasi dua langkah memiliki tujuan untuk memberikan keamanan tambahan di akun WhatsApp. Nantinya pengguna akan diberikan notifikasi apabila akun WA sedang atau terindikasi dalam bahaya peretasan.

Lantas bagaimana cara menerapkan fitur ini? Dilansir dari berbagai sumber, techno.id telah merangkum cara mudah atur verifikasi dua langkah di WhatsApp pada Kamis (15/12), untuk cegah akun terhindar dari hacker. Yuk, simak dengan seksama langkah-langkahnya.

Cara mengaktifkan verifikasi dua langkah di WhatsApp

Cara mudah atur verifikasi dua langkah di WhatsApp, bantu akun WA lebih aman dari hacker

foto: Techno.id/ Adnan

1. Silakan buka aplikasi WhatsApp di perangkat yang digunakan.
2. Kemudian buka opsi 'Setelan' dengan menekan titik tiga di atas kanan layar WhatsApp.
3. Kemudian klik opsi 'Akun'
4. Lalu klik 'Verifikasi Dua Langkah'
5. Pilih opsi 'Aktifkan'
6. Setelah itu, masukkan PIN dengan enam digit angka sesuai keinginan.
7. Selanjutnya konfirmasi untuk menyimpan PIN tersebut
8. Lalu pengguna akan diminta untuk mengisi alamat email yang bisa diakses, atau pilih 'Lewati' apabila tidak ingin menambahkan email. Namun, pihak WhatsApp menyarankan untuk menambahkan alamat email, karena nantinya bisa digunakan membantu untuk mereset verifikasi dua langkah dan membantu melindungi akun pengguna.
9. Setelah itu klik 'Lanjut'
10. Konfirmasi alamat email yang telah pengguna masukkan
11. Terakhir, klik 'Simpan'
12. Viola, akun WhatsApp telah menggunakan sistem verifikasi dua langkah.

Itulah beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk mengaktifkan verifikasi dua langkah aplikasi WhatsApp. Bagaimana sobat techno, cukup mudah bukan?

Sebagai catatan, email digunakan untuk memverifikasi akun pengguna. Selain itu, apabila pengguna kedapatan lupa terhadap PIN yang telah diatur, dapat melakukan penyuntingan kembali menggunakan email yang telah terdaftar.

PIN yang diatur nantinya akan menjadi sandi kala pengguna mencoba membuka akun WhatsApp melalui perangkat lain. Oleh karena itu, saat terdapat orang ingin meretas akun WhatsApp melalui perangkat lain, secara otomatis akan diminta enam digit PIN yang telah diatur. Hal tersebut membuat para hacker cukup sulit untuk meretas perangkat. Selamat mencoba!


(brl/guf)