Cara merawat kamera smartphone tetap awet, hindari 5 kebiasaan ini

Cara merawat kamera smartphone tetap awet, hindari 5 kebiasaan ini

Techno.id - Kamera smartphone menjadi fitur penting yang menjadi salah satu pertimbangan utama seseorang memilih perangkat mobile. Maklum, kamera digunakan untuk mengabadikan berbagai momen berharga atau berbagi pengalaman melalui media sosial.

Namun, untuk memastikan kamera smartphone tetap berfungsi dengan baik dan awet, ada beberapa kebiasaan yang perlu dihindari. Terdapat beberapa faktor yang memengaruhi kinerja kamera smartphone, dan penting bagi pengguna untuk mengetahui cara menjaga agar kamera mereka tetap prima. Berikut 5 kebiasaan yang harus dihindari agar kamera smartphone kamu tetap dalam kondisi bagus, Rabu(22/11).

1. Terlalu sering menggunakan flash

Cara merawat kamera smartphone tetap awet, hindari 5 kebiasaan ini foto: freepik/rawpixel.com

Menggunakan flash pada kamera smartphone dapat membantu dalam kondisi minim cahaya. Namun terlalu sering menggunakan flash dapat merusak komponen kamera. Flash yang bekerja terlalu keras menghasilkan panas berlebih dan dapat memengaruhi sensor kamera dan memperpendek umur pakai kamera.

2. Pembersihan yang kurang tepat

Cara merawat kamera smartphone tetap awet, hindari 5 kebiasaan ini foto: freepik

Membersihkan kamera smartphone adalah langkah yang baik untuk mencegah kerusakan pada kamera smartphone, karena menghindari adanya jamur pada frame lapisan terluar kamera. Tetapi perlu dilakukan dengan hati-hati. Menggunakan benda kasar atau bahan kimia yang tidak sesuai dapat merusak lensa atau sensor kamera. Gunakan kain mikrofiber dan hindari membersihkan kamera dengan benda-benda kasar.

3. Paparan langsung sinar matahari

Cara merawat kamera smartphone tetap awet, hindari 5 kebiasaan ini foto: freepik/tulyawat01

Paparan langsung pada sinar matahari dapat merusak sensor kamera dan mengurangi kualitas gambar. Selain itu, karena panas yang dihasilkan sinar matahari dapat merusak komponen dalam kamera smartphone dan dan memengaruhi hasil foto. Hindari meninggalkan smartphone dalam keadaan panas secara berlebihan. Cara ini dapat menjadi alternatif dalam menjaga kamera smartphone tetap oke.

4. Menyimpan smartphone pada suhu ekstrem

Cara merawat kamera smartphone tetap awet, hindari 5 kebiasaan ini foto: freepik/ijeab

Suhu ekstrem, baik panas maupun dingin, dapat merusak sensor kamera smartphone. Hindari menyimpan smartphone di dalam mobil yang panas atau di tempat yang terlalu dingin seperti freezer. Karena pada suhu ekstrem ini juga dapat memengaruhi kinerja baterai dan komponen internal lainnya yang mengganggu aktifitas pada kamera smartphone.

5. Mengabaikan update perangkat lunak

Cara merawat kamera smartphone tetap awet, hindari 5 kebiasaan ini foto: freepik/rawpixel.com

Produsen smartphone secara teratur merilis pembaruan perangkat lunak untuk meningkatkan kinerja dan keamanan perangkat. Mengabaikan pembaruan tersebut dapat menyebabkan masalah kinerja, termasuk pada kamera. Pastikan untuk selalu menginstal pembaruan perangkat lunak terbaru untuk memastikan kamera smartphone tetap berfungsi dengan optimal.

Dengan pemahaman yang lebih baik tentang cara menjaga kamera smartphone tetap awet, kita dapat menikmati pengalaman fotografi yang lebih baik dan memastikan bahwa setiap kenangan terekam dengan sempurna.

(magang/rama prameswara)

(brl/red)