WhatsApp luncurkan fitur antiscreenshoot, ini cara menggunakannya

WhatsApp luncurkan fitur antiscreenshoot, ini cara menggunakannya

Techno.id - WhatsApp merupakan platform berkomunikasi populer di dunia. Aplikasi yang kini dikembangkan oleh Meta ini memberikan segudang fitur menarik bagi penggunanya. Terbaru mereka mengeluarkan fitur untuk meningkatkan keamanan privasi yaitu antiscreenshot.

Beberapa bulan lalu, Meta berhasil mengeluarkan fitur dengan nama View Once. Fitur tersebut berguna untuk membatasi orang lain untuk melihat foto atau video yang dikirim. Tak hanya itu, pembatasan juga diterapkan kala penerima ingin melakukan penyimpanan ke galeri perangkat.

Akan tetapi fitur tersebut masih menyimpan kekurangan dengan bisa screenshoot, artinya orang lain masih bisa menyimpan apa yang dikirimkan melalui tangkapan layar. Maka berangkat dari masalah tersebut, Meta melakukan pembaharuan. Mereka memberikan kemampuan untuk fitur View Once tidak screenshoot.

Cara kerja dari antiscreenshot View Once cukup sederhana. Ketika orang lain membuka pesan atau kiriman file foto dan video sementara, maka tampilan tidak bisa di screenshoot. Akan ada notifikasi secara otomatis muncul di layar dengan pemberitahuan, bahwa aktivitas screenshot tidak bisa dilakukan.

Cara menggunakan fitur ini cukup mudah. Kali ini techno.id pada Selasa (1/11) akan memberikan langkah-langkah mengatur fitur View Once agar pengguna terhindar dari cepu.

Cara gunakan Fitur View Once WhatsApp

- Silakan buka aplikasi WhatsApp di Android atau iOS.
- Kemudian pilih kontak untuk chat yang ingin dikirim foto atau video.
- Kemudian Tap ikon kamera di kolom chat.
- Setelah itu pilih foto atau video yang ingin dikirim.
- Tap ikon View Once yang berupa lingkaran angka 1.

WhatsApp luncurkan fitur antiscreenshoot, ini cara menggunakannya

foto: techno.id/ Adnan

- Kirim foto atau video yang sudah dipilih seperti biasa.

Itulah cara untuk menggunakan fitur Once View. Cukup mudah bukan. Jika kamu belum mendapatkan fitur tersebut, silakan untuk mengupdate WhatsApp melalui Play Store atau App Store. Meta akan mendistribusikan fitur ini secara bertahap.


(brl/guf)