Cara memperbarui aplikasi di ponsel Android, bisa manual atau pilih otomatis

Cara memperbarui aplikasi di ponsel Android, bisa manual atau pilih otomatis

Techno.id - Aplikasi pada ponsel Android akan berkerja secara optimal jika selalu diperbarui. Selain itu, pembaruan aplikasi juga untuk keamanan dan kenyamanan.

Sebab, aplikasi yang usang akan mudah disusupi bug. Selain itu aplikasi yang tidak diperbarui akan memengaruhi fitur-fitur yang ditawarkan saat digunakan. Lantas bagaimana cara memperbarui aplikasi di ponsel Android? Berikut ini caranya.

Cara memperbarui aplikasi Android

1. Buka Google Play Store.

2. Ketuk gambar profil kamu di bagian kanan atas layar.

3. Ketuk Kelola aplikasi dan perangkat.

4. Jika memiliki pembaruan yang tersedia, kamu akan melihat notifikasi Pembaruan Tersedia dan dapat mengatur semuanya untuk diperbarui atau melihat detail lebih lanjut.

5. Di bawah Lihat detail, kamu dapat memperluas setiap pembaruan dengan panah bawah untuk mengetahui apa saja yang baru.

6. Ketuk Perbarui semua untuk mengunduh setiap pembaruan. Cara ini akan memastikan bahwa setiap aplikasi yang sedang menunggu pembaruan akan terinstal versi terbaru. Karena pembaruan aplikasi di Google Play Store harus disertifikasi, ada tingkat keamanan yang baik yang bisa kamu dapatkan dengan mendapat pembaruan dari Play Store.

Cara memperbarui aplikasi secara otomatis di Android

Kamu juga bisa melakukan pembaruan aplikasi secara otomatis. Begini careanya.

1. Buka Google Play Store.

2. Ketuk gambar profil kamu di bagian kanan atas layar.

3. Ketuk Pengaturan, lalu Preferensi jaringan, lalu Perbarui aplikasi secara otomatis.

4. Pilih apakah akan mengaktifkan atau menonaktifkan pembaruan otomatis, atau pada jenis data tertentu saja.

5. Kamu dapat memilih untuk menginstal pembaruan secara otomatis jika menggunakan Wi-Fi. Artinya saat kamu menggunakan data selular maka fitur ini tidak berfungsi sekaligus untuk menjaga batas kuota data kamu.

(brl/red)