Cara mematikan laptop error tanpa risiko, tekan 2 tombol keyboard

Cara mematikan laptop error tanpa risiko, tekan 2 tombol keyboard

Techno.id - Laptop merupakan salah satu perangkat elektronik yang biasa digunakan untuk mempermudah kehidupan setiap orang. Perangkat tipis dengan layar dan keyboard ini merupakan sebuah terobosan unggul yang bisa digunakan sebagai pengganti komputer. Meski secara spesifik tidak bisa menyaingi komputer, namun secara keringkasan tentu laptop lebih diunggulkan.

Selama menggunakan sebuah laptop, tentu ada beberapa momen yang bisa dibilang kurang menyenangkan. Mulai dari gangguan seperti panas berlebih, gagal membuka aplikasi, hingga error lain seperti hang atau lag. Namun yang perlu diperhatikan adalah bagaimana cara mematikan laptop tersebut.

Karena masalah ini menjadi pembahasan yang bisa dibilang penting, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mematikan laptop yang error tanpa menimbulkan risiko. Cara utama untuk mematikan laptop yang error adalah menggunakan keyboard. Hanya dengan menekan beberapa tombol, laptop yang error bisa dimatikan dengan aman.

Berkenaan dengan bahasan tersebut, berikut techno.id telah merangkum dari berbagai sumber pada Rabu (19/10) cara mematikan laptop yang error tanpa risiko.

Cara mematikan laptop yang error tanpa risiko

Cara mematikan laptop error tanpa risiko, tekan 2 tombol keyboard

foto: unsplash.com

Mematikan laptop yang error dengan aman, kamu hanya perlu menggunakan bantuan keyboard. Ada setidaknya 4 cara yang bisa kamu pilih untuk mematikan laptop kamu dengan bantuan keyboard. Perlu diingat, cara ini sebaiknya hanya dilakukan di saat laptop kamu mengalami error. Jika laptop dalam kondisi normal, akan lebih baik jika kamu mematikan laptop seperti biasa. Untuk mulai mematikan laptop menggunakan keyboard, kamu bisa simak penjelasan berikut.

1. Mematikan laptop error menggunakan Windows + U

Cara pertama yang bisa kamu coba untuk mematikan laptop yang error menggunakan keyboard adalah menekan Windows + U. Pada tampilan desktop, kamu hanya perlu menekan Windows dan U secara berulang-ulang hingga laptop mati sempurna. Cara ini tentu tidak akan membuat laptop kamu rusak atau mengalami gangguan lainnya.

2. Mematikan laptop error menggunakan ALT + F4

Tak jauh berbeda dengan cara sebelumnya, kamu hanya perlu menekan ALT + F4. Bedanya, jika cara nomor satu bisa membuat laptop kamu langsung mati, cara kali ini memiliki beberapa opsi yang bisa kamu pilih. Hanya dengan menekan tombol ALT + F4, laptop kamu secara otomatis akan menampilkan jendela kecil yang berisikan beberapa pilihan salah satunya Shut down. Setelah muncul jendela kecil seperti yang telah dijelaskan, takan saja Enter. Secara otomatis laptop kamu akan mulai ter-Shut down.

3. Mematikan laptop error menggunakan CTRL + ALT + DEL

Cara ketiga sebenarnya tak kalah mudahnya. Kamu hanya perlu menekan CTRL + ALT + DEL hingga muncul jendela kecil yang menampilkan opsi Shut down. Jika jendela kecil tersebut sudah muncul, kamu hanya perlu klik Opsi Shut down agar laptop yang bisa mati secara otomatis.

4. Mematikan laptop error menggunakan tombol Power

Perlu diingat, cara ini bisa kamu lakukan jika ketiga cara sebelumnya tidak berhasil. Pasalnya dengan cara ini, laptop kamu dipaksa untuk mati dengan cara yang bisa dibilang sedikit kasar. Cara mematikannya sangat sederhana, kamu hanya perlu menekan lama tombol Power pada laptop kamu hingga berbunyi dan semua lampu indikator mati. Secara otomatis laptop yang kamu gunakan sudah dalam kondisi mati sempurna.


(brl/guf)