Cara menghapus cache aplikasi di ponsel dan tablet Android, biar perangkat kamu ngebut lagi   

Cara menghapus cache aplikasi di ponsel dan tablet Android, biar perangkat kamu ngebut lagi   

Techno.id - Perangkat Android baik ponsel cerdas maupun tablet, akan menurun performanya seiring waktu penggunaan. Artinya setelah beberapa lama digunakan maka sangat wajar jika kinerja perangkat mulai lemot.

Saran paling umum dalam situasi seperti itu adalah menghapus aplikasi atau foto. Meskipun benar bahwa mengisi penyimpanan ponsel sampai penuh bukanlah hal yang ideal, terkadang kamu tidak bisa mengabaikan dokumen penting atau video nostalgia.

Salah satu faktor yang dapat meningkatkan kecepatan dan pengalaman secara nyata tanpa menghapus file adalah mengosongkan memori cache aplikasi. Sebab aplikasi dan game membangun cache dari waktu ke waktu.

Meskipun sebagian besar menjalankan fungsinya, aplikasi tertentu yang sudah lama tidak kamu gunakan, sebenarnya tidak lagi memerlukan operasi harian. Nah menghapus cache aplikasi cukup sederhana. Hanya membutuhkan beberapa ketukan. Di sini Techno,id menggunakan perangkat Samsung sebagai contoh. Cara menghapus aplikasi pada perangkat Android seharusnya tidak terlalu berbeda di antara perangklat Android.

1. Menghapus cache aplikasi di perangkat Android secara manual

Cara menghapus cache aplikasi di ponsel dan tablet Android, biar perangkat kamu ngebut lagi foto: tangkapan layar/techno.id/yani andriyansyah

Cara ini dapat mempercepat perangkat yang sudah tua. Cukup dengan menghapus data aplikasi yang ada di cache. Data ini terakumulasi dari waktu ke waktu dan terdiri dari file sementara yang membuat pemuatan dan penggunaan berbagai fungsi dalam aplikasi menjadi lebih cepat.

Misalnya, aplikasi galeri kamu dapat menyimpan gambar mini gambar dalam cache, sehingga tidak perlu mengambil ratusan dan ribuan pratinjau setiap kali kamu meluncurkan aplikasi.

Menyetel ulang data cache aplikasi sesekali dapat meningkatkan kinerja dan menyelesaikan masalah mendasar apa pun dengan aplikasi.Menghapus cache ponsel Android cukup mudah, dan dapat dilakukan per aplikasi dengan mengikuti langkah-langkah berikut.

1. Di ponsel atau tablet, luncurkan aplikasi Pengaturan.

2. Arahkan ke bagian Aplikasi, dan gulir ke bawah hingga kamu melihat aplikasi yang diinginkan.

3. Pilih dan ketuk Penyimpanan. Ini akan mencantumkan ikhtisar tentang berapa banyak data dan cache yang digunakan aplikasi di penyimpanan internal perangkat.

4. Kamu akan menemukan dua tombol di dekat bagian bawah. Ketuk Kosongkan cache untuk membersihkan semua file sementara yang dikelola oleh aplikasi. Berhati-hatilah dengan opsi Hapus data lainnya. Mengetuk ini akan menghapus semua informasi yang tersimpan dari aplikasi, termasuk file media atau dokumen yang belum disimpan.

5. Kembali ke halaman Aplikasi dan ulangi proses untuk data cache lainnya yang ingin kamu buang.

(brl/red)