Cara menggunakan webcam eksternal di laptop Windows 7 hingga 11, mudah

Cara menggunakan webcam eksternal di laptop Windows 7 hingga 11, mudah

Techno.id - Laptop merupakan sebuah perangkat elektronik yang secara fungsi tak jauh berbeda dengan komputer. Hanya saja, laptop memiliki desain yang lebih ringkas dan ringan. Dengan keunggulan tersebut, tentu tidak jarang banyak orang yang memilih menggunakan laptop untuk menunjang banyak keperluan mereka.

Laptop merupakan perangkat compact yang menggunakan banyak komponen, tentu tidak semua bagian yang ada pada laptop memiliki spesifikasi tinggi. Sebagai sebuah contoh, webcam pada laptop biasanya mengalami pemangkasan spesifikasi untuk menghemat biaya produksi. meski harga jual barang menjadi lebih murah, kualitas yang ada pada webcam laptop tentu menjadi kurang maksimal.

Untuk menjawab masalah tersebut, banyak perusahaan barang elektronik yang menghadirkan webcam eksternal. Tidak seperti komputer, webcam pada laptop perlu disesuaikan terlebih dahulu agar bisa digunakan dengan maksimal.

Pada dasarnya, penyesuaian webcam pada laptop tergolong mudah dilakukan. Hanya dengan beberapa tombol dan instruksi mudah, webcam eksternal pada laptop sudah bisa digunakan dengan lancar.

Berkenaan dengan pembahasan tersebut, berikut techno.id telah merangkum dari berbagai sumber pada Rabu (9/11) cara menggunakan webcam eksternal di laptop Windows 7 hingga 11.

Cara menggunakan webcam eksternal di laptop Windows 7 hingga 11

Cara menggunakan webcam eksternal di laptop Windows 7 hingga 11, mudah

foto: unsplash.com

Sebelum mulai menggunakan webcam eksternal pada laptop, perlu ada hal yang perlu diperhatikan. Salah satu komponen utama yang dibutuhkan tentu webcam eksternal itu sendiri.

Sesuai tujuan awal, pemilihan webcam eksternal tentu perlu diperhatikan dengan baik. Mulai dari kualitas material yang dipakai, hingga resolusi kamera perlu diperhatikan agar tidak terjadi penyesalan setelah membelinya. Untuk mulai menggunakan webcam eksternal pada laptop, kamu bisa simak penjelasan berikut.

1. Pasangkan webcam laptop pada sisi atas layar atau kamu bisa juga menggunakan tripod jika tersedia.
2. Hubungkan USB pada webcam dengan laptop yang kamu miliki.
3. Buka Device Manager dengan menekan shortcut Windows + X atau mencarinya di search bar.
4. Masuk ke bagian Imaging devices, kemudian klik kanan. Akan muncul pop up kecil, pilih Disable.
5. Buka aplikasi kamera pada laptop yang kamu gunakan.
6. Secara otomatis, kamera laptop yang kamu pakai akan beroperasi dengan webcam eksternal yang telah terpasang.

Perlu diingat, kamu perlu mengembalikan settingan awal dari kamera laptop jika webcam eksternal yang kau tambahkan sudah dilepas. Jika tidak mengembalikan pengaturan seperti semula, ada kemungkinan kamera laptop yang kamu miliki tidak bisa bekerja dengan normal saat dibuka tanpa menggunakan webcam eksternal.


(brl/guf)